Kompas.com - 09/11/2019, 17:42 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Facebook dan Youtube melindungi identitas "whistleblower" atau pembocor rahasia yang memicu pemakzulan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Dilansir dari CNN, Facebook menyatakan akan menghapus konten-konten yang berusaha mengungkap nama dan foto sang pembocor.

"Penyebutan apapun yang berpotensi mengungkap nama pembocor, melanggar aturan kami soal tindak berbahaya yang terkoordinasi. Aturan itu melarang konten yang mengungkap saksi, informan, atau aktivis," kata juru bicara Facebook lewat keterangan tertulis ke CNN, Jumat (8/11/2019).

Keputusan Facebook diikuti YouTube. Juru bicara YouTube mengatakan video yang memuat upaya pengungkapan identitas pembocor juga akan dihapus.

Baca juga: Muncul Informan Pelapor Kedua dalam Penyelidikan Pemakzulan Trump

YouTube akan menggunakan kemampuan mesin dan analisa manusia untuk menyaring konten yang dimaksud.

Penghapusan itu, menurut YouTube, akan berpengaruh pada judul dan deskripsi video sekaligus konten aslinya.

Sementara Twitter, malah menyatakan upaya mengungkap identitas pembocor tidak menyalahi aturannya.

Diberitakan sebelumnya, DPR AS yang dikuasai Partai Demokrat melakukan investigasi setelah muncul kabar Trump meminta Presiden Ukraina untuk menyelidiki lawan politiknya, Joe Biden.

Baca juga: Gedung Putih Resmi Boikot Penyelidikan Pemakzulan Trump

Kabar tersebut disampaikan oleh orang yang mengaku sebagai pejabat intelijen Gedung Putih. Informasi dari pembocor itu membuat Trump terancam dimakzulkan jika terbukti benar.

Trump dan partainya, Partai Republik, berusaha mengungkap identitas sang pembocor di media sosial.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNN
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.