Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentuk Terima Kasih, Bos di China Cuci Kaki Karyawan yang Berprestasi

Kompas.com - 08/11/2019, 11:00 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

JINAN, KOMPAS.com - Dua bos perusahaan kosmetik di China menuai pujian setelah mencuci kaki karyawan berprestasi sebagai bentuk terima kasih atas loyalitas dan kerja keras mereka.

Pimpinan perusahaan di Negeri "Panda" itu sering diberitakan memberikan hukuman kepada pegawai yang dianggap tak menembus target penjualan.

Baca juga: Periksa Eks Bos Petral, Penyidik KPK Dalami Dugaan Aliran Dana

Namun bos perusahaan kosmetik di Jinan, Provinsi Shandong, China, menjadi sorotan karena memberikan ucapan terima kasih dengan membasuh kaki pegawainya.

Dalam video yang viral pekan ini dilansir Oddity Central Rabu (6/11/2019), terlihat dua direktur eksekutif membungkuk dan mulai mencuci.

Upacara tak biasa itu dilaporkan terjadi pada 2 November, di markas perusahaan yang fokus kepada penjualan produk kosmetik.

Dalam video berdurasi pendek, nampak dua pimpinan berjalan menyusuri lorong, dan membungkuk ke arah panggung tempat delapan karyawan berprestasi duduk.

Mereka kemudian bergerak menuju panggung, berlutut, melepas sepatu para pegawai, dan kemudian mencuci kaki mereka dengan tangan.

Aksi pencucian itu disebut merupakan bentuk terima kasih dari manajemen atas dedikasi dan kerja keras mereka, dan juga meningkatkan moral pegawai.

Namun, meski ada yang memberikan pujian atas kebijakan mereka, terdapat netizen di China yang melontarkan cibiran, atau mengungkapkan rasa jijik.

"Bos itu sangat licik. Sudah jelas mencuci kaki berarti karyawan itu tidak akan bisa meminta bonus finansial," tulis seorang warganet di Weibo.

"Siapa yang menemukan cara kelas rendah untuk melakukan pembasuhan di siang bolong? Dan siapa yang menganggapnya menarik?" sindir netizen lain.

Ini bukan kali pertama ada pimpinan perusahaan di China yang melakukannya. Tiga tahun lalu, seorang bos di Shenzhen mencuci kaki pegawainya dalam pertemuan tahunan.

Baca juga: Bos Apple Sumbang 2,5 Miliar Dollar AS untuk Bantu Subsidi Rumah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com