Kompas.com - 06/11/2019, 13:28 WIB

GUANGZHOU, KOMPAS.com - Seekor cacing pita sepanjang 12 cm setelah dilaporkan diangkat setelah memakan otak pria di China selama 15 tahun terakhir.

Wang Lei pertama kali merasakan mati rasa di sisi kirinya pada 2007. Sejak saat itu, kondisi kesehatannya terus mengalami penurunan.

Dia mendatangi sejumlah dokter spesialis, bahkan pernah didiagnosa terkena tumor otak ganas, dengan dokter masih mencari tahu penyebabnya.

Baca juga: Tengkorak Dahi Dylan Carr Dioperasi karena Pembengkakan Otak

Namun berdasarkan pemberitaan media lokal, kondisi Wang terus memburuk, dengan beberapa kali dia mengalami kejang dan pingsan.

Pada 2018, dokter menemukan penyebabnya. Cacing pita 12 cm ditemukan tinggal di otaknya. Dia pun disarakan menjalani perawatan biasa karena terlalu berisiko mengoperasinya.

Tetapi, cacing itu masih terus hidup di dalam kepalanya. Akhirnya, dia pun menjalani operasi di Rumah Sakit Otak Guangdong Sanjiu untuk mengeluarkannya.

Dilansir Daily Mirror Selasa (5/11/2019), tim medis mengeluarkan parasit jenis sparganum mansoni setelah pembedahan selama dua jam.

Parasit itu dikabarkan hanya hidup di usus anjing serta kucing, tapi jarang ditemukan adanya kasus hewan itu tinggal di tubuh manusia.

Dokter Guo yang menangani Wang menuturkan, operasi itu penuh dengan risiko. Sebab jika dibiarkan, dia akan tumbuh semakin panjang.

"Ini bukan kasus pertama. Sejauh ini, rumah sakit kami sudah menangani empat pasien sepanjang tahun ini," terang Guo kepada media setempat.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.