Kompas.com - 05/11/2019, 08:15 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com - Otoritas Turki mengklaim menangkap seorang perempuan yang merupakan kakak Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi di timur laut Suriah.

Rasmiya Awad dibekuk di kota Azaz. "Dia ditemukan dalam kontainer ketika dilakukan penyerbuan," kata soerang sumber internal Ankara.

Baca juga: Rusia Pertanyakan Klaim AS soal Tewasnya Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi

Dilansir Sky News dan Al Jazeera Senin (4/11/2019), kakak Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi disebut merupakan "tambang intelijen" bagi Turki.

Saat ini, fokus aparat adalah menggali informasi dengan menginterogasi perempuan 65 tahun itu, suaminya, menantu, beserta lima cucunya.

"Kami berharap bisa mendapat keterangan penting dari saudari Baghdadi mengenai cara kerja internal ISIS," terang pejabat itu.

Sebelumnya, Baghdadi diberitakan tewas dalam penyerbuan yang dilakukan pasukan khusus Amerika Serikat (AS) di Idlib, Suriah, pada 26 Oktober lalu.

Pemimpin kelompok ekstremis yang diyakini berusia 48 tahun itu tewas setelah mengaktifkan bom bunuh dirinya tatkala disudutkan di terowongan persembunyian.

Dalam konferensi pers Minggu (27/10/2019), Presiden AS Donald Trump mengumumkan tewasnya Pemimpin ISIS itu disertai dengan kronologinya.

Trump menyebut pria yang kepalanya dihargai 25 juta dollar AS, atau sekitar Rp 350 miliar, itu mati "laksana anjing dan pengecut".

Presiden 73 tahun itu kemudian mengklaim Abu Bakar al-Baghdadi "menjerit dan ketakutan" ketika dikejar. Klaim yang tidak diketahui oleh Pentagon.

Milisi Kurdi yang tergabung dalam Pasukan Demokratik Suriah (SDF) mengklaim mereka turut andil dengan mengamankan DNA dari celana dalamnya.

Jenazah Baghdadi dikabarkan dikubur di laut. Perlakuan yang sama juga diberikan kepada mendiang Pemimpin Al Qaeda, Osama bin Laden, 2011 silam.

Adapun ISIS telah mengumumkan kematian Baghdadi, dan menunjuk sosok bernama Abu Ibrahim al-Hashimi al-Quraishi sebagai penggantinya.

Baca juga: Trump: AS Sudah Tahu Pengganti Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.