Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER INTERNASIONAL] Persembunyian Pemimpin ISIS Diungkap Ipar | Dokter Gunakan Sperma Sendiri

Kompas.com - 31/10/2019, 05:30 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Lokasi persembunyian Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi disebut diungkapkan oleh ipar sendiri ketika tewas diserbu pasukan AS.

Baghdadi berada di Provinsi Idlib, Suriah, kemungkinan untuk menyelundupkan keluarganya sendiri ke Turki sebelum ditemukan militer AS.

Kemudian dari dalam AS, seorang dokter dituntut karena dituduh menggunakan sperma sendiri untuk menghamili pasien pada 1980-an.

Kedua artikel itu masuk ke dalam kabar populer internasional yang terjadi sepanjang Rabu (30/10/2019) hingga Kamis (31/10/2019).

1. Ipar Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi Jadi Informan yang Bongkar Persembunyiannya
Kabar tewasnya Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi pada pekan lalu tak lepas dari sejumlah informan yang memberikan keterangan berharga.

Salah satunya adalah saudara ipar Baghdadi, Muhammad Ali Sajid al-Zobaie, demikian klaim yang diberikan oleh dinas intelijen Irak.

Baik sumber intelijen Irak dan pakar pergerakan radikal dari Wasatiyyah Centre, Fadel Abo Raghif, berujar kebanyakan informasi tentang Baghdadi datang dari Sajid.

Informasi seperti apa yang diberikan oleh Sajid dan berujung kepada pengungkapan lokasi Baghdadi, bisa Anda baca lengkap di sini.

2. Harta Karun ISIS Bernilai Rp 361 Miliar Ditemukan Gembala di Padang Gurun Irak
Harta karun emas, perak, dan uang bernilai Rp 361 miliar yang disembunyikan ISIS di padang gurun Irak dilaporkan ditemukan oleh gembala.

Pernyataan itu disebut datang dari tahanan yang terhitung masih kerabat Baghdadi, Mohammed li Sajet, dalam wawancara dengan media.

Sajet menyatakan, Baghdadi tidak menyangka bakal tertangkap karena merasa taktik bersembunyi dan pengamanannya bakal membuatnya aman.

Pernyataan Sajet tentang harta karun maupun lokasi persembunyian Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi bisa dibaca di sini.

3. Sebelum Tewas, Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi Berusaha Selundupkan Keluarganya
Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi diketahui berusaha selundupkan keluarga ke perbatasan Turki sebelum tewas pekan lalu.

Baghdadi meledakkan bom bunuh diri yang dibawanya, dan menewaskan tiga anaknya, ketika diserang pasukan khusus AS di desa Barisha, Sabtu (26/10/2019).

Sebelum tewas, Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi diketahui menghabiskan lima hari terakhir di bangunan dua lantai di Provinsi Idlib itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com