Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raja Thailand Pecat Pengawal Kerajaan karena Ketahuan "Berzina"

Kompas.com - 30/10/2019, 14:29 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

BANGKOK, KOMPAS.com - Raja Thailand Maha Vajiralongkorn dilaporkan memecat salah satu pengawal kerajaan karena dianggap "berbuat zina".

Kabar itu merupakan babak terbaru "bersih-bersih" sang raja, satu pekan setelah melengserkan selir karena "berbuat tidak hormat".

Baca juga: Raja Thailand Pecat 6 Pejabat Istana karena Perbuatan Jahat

Raja Vajiralongkorn memerintahkan untuk memecat dua pengawal kerajaan dari "barak", demikian rilis dari Royal Gazette Selasa malam (29/10/2019).

Dilansir AFP Rabu (30/10/2019), Raja Thailand berusia 67 tahun itu menganggap dua penjaga pria itu "melakukan hal tak pantas dan berbuat zina".

Sementara dua pengawal kerajaan lainnya juga diberhentikan tanpa kompensasi karena disebut gagal memenuhi standar yang ditetapkan.

Keluarga Kerajaan Thailand dilindungi oleh UU Pencemaran Nama Baik, yang membuat segala perbuatan mereka tidak bisa dikritik.

Namun aksi "pembersihan" itu dilaporkan memberikan pandangan langka mengenai salah satu kerajaan terkaya di seluruh dunia tersebut.

Kabar itu terjdi setelah Sineenat Wongvajirapakdi dicopot dari gelar Selir Kerajaan karena dianggap "tidak setia" kepada Raja Thailand.

Dikenal dengan panggilan Koi, Sineenat dianugerahi gelar Chao Khun Phra saat ulang tahun Raja Vajiralongkorn yang ke-67 pada 28 Juli lalu.

Mantan perawat kerajaan berusia 34 tahun itu menjadi perempuan pertama yang mendapat gelar Chao Khun Phra dalam 100 tahun terakhir.

Perempuan yang juga Mayor Jenderal itu didepak karena selain tak setia, dan bertingkah menentang penunjukan Permaisuri Suthida.

Raja Vajiralongkorn menikah dengan Ratu Suthida yang adalah mantan wakil komandan pengawal kerajaan pada tahun ini, sebelum dia naik takhta.

Sineenat dilaporkan tidak kelihatan lagi di hadapan publik setelah dicopot. Begitu juga enam pegawai kerajaan dipecat karena "berbuat jahat".

Baca juga: Terungkap, Selir Raja Thailand Dicopot karena Ingin Seperti Permaisuri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com