Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER INTERNASIONAL] Jenazah Pemimpin ISIS Dikubur di Laut | Bocah 10 Tahun Dibunuh Anak 13 Tahun

Kompas.com - 30/10/2019, 06:00 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Jenazah Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi dilaporkan "dikubur" di laut setelah diserbu oleh pasukan khusus AS akhir pekan lalu.

Penanganan itu disebut sama dengan mendiang Pemimpin Al-Qaeda Osama bin Laden ketika dia tewas ditembak militer AS di Pakistan 2011 silam.

Kemudian dari China, bocah 13 tahun mendapat hukuman "rehabilitasi" setelah mengaku membunuh gadis 10 tahun secara brutal.

Kedua artikel itu bisa Anda simak di kabar populer internasional yang terjadi sepanjang Selasa (29/10/2019) hingga Rabu (30/10/2019).

1. AS Rilis Foto Anjing Militer yang Kejar Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi
AS merilis foto anjing militer yang mengejar Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi, dan berujung pada kematiannya akhir pekan lalu.

Ketua Kepala Staf Gabungan Jenderal Mark Milley mengatakan, anjing itu menunjukkan "pengabdian luar biasa" dalam operasi pasukan khusus AS Sabtu (26/10/2019).

Selain Milley, Presiden Donald Trump juga mengunggah gambar anjing itu di Twitter, dengan menyatakan anjing itu "sangat bertalenta".

Seperti apa "pengabdian" yang dilakukan anjing itu terhadap serangan melawan Abu Bakar al-Baghdadi, silakan dibaca di sini.

2. Jenazah Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi Dikubur di Laut oleh Militer AS
Jenazah Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi dilaporkan telah dikubur di laut oleh militer AS pasca-operasi Sabtu malam (26/10/2019).

Baghdadi tewas dengan mengaktifkan rom bunuh diri yang dibawanya ketika disudutkan Pasukan Delta di persembunyiannya yang berlokasi di desa Barisha.

Ketua Kepala Staf Gabungan Jenderal Mark Milley menjelaskan, mereka membawa sisa jasad Abu Bakar al-Baghdadi dan menangkap dua anggota ISIS.

Milley kemudian menjelaskan tentang proses "pemakaman" Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi. Seperti apa, Anda bisa simak di sini.

3. Kayla Mueller, Korban ISIS yang Jadi Nama Operasi AS Serang Abu Bakar al-Baghdadi
Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi tewas dalam Operasi Kayla Mueller yang dilakukan pasukan khusus AS akhir pekan lalu.

Mueller dijadikan nama serangan itu karena dia merupakan salah satu dari warga AS yang tewas ketika disekap oleh kelompok ekstremis itu.

Orangtua Kayla Mueller menyatakan mereka tersentuh dengan keputusan militer AS, dan menyambut baik kematian Abu Bakar al-Baghdadi.

Anda bisa membaca di sini mengenai ringkasan mengenai alasan Washington menggunakan Kayla sebagai nama operasi menggempur Baghdadi.

4. Bocah 10 Tahun Dibunuh secara Brutal, Anak 13 Tahun di China Dihukum 3 Tahun "Rehabilitasi"
Seorang anak 13 tahun di China dilaporkan mendapat hukuman tiga tahun " rehabilitasi" setelah membunuh bocah 10 tahun.

Si anak laki-laki yang diidentifikasi dengan nama Cai mengaku gadis itu dia bunuh pada awal Oktober ini di Dalian, Provinsi Liaoning.

Kronologi pun dibeberkan menganai kasus yang kemudian menjadi bahan perdebatan bagi netizen di China itu. Selengkapnya bisa dibaca di sini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com