Kompas.com - 26/10/2019, 11:09 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com - Sebanyak 42 orang tewas setelah demonstrasi menentang pemerintah kembali terjadi di Irak, demikian laporan dari lembaga pengawas dan sumber keamanan.

Kabar itu merupakan babak terbaru dalam aksi protes yang sempat berlangsung sepekan pada awal Oktober, dengan lebih dari 150 orang tewas.

Dilansir AFP Jumat (25/10/2019), sejumlah aktor mulai dari otoritas tertinggi Syiah Irak hingga PBB meminta demonstran untuk tenang.

Baca juga: LPAI Nilai Negara Gagal Beri Perlindungan ke Anak Ketika Demonstrasi

Demonstrasi dimulai pada Kamis sore (24/10/2019) waktu setempat dengan tenang, di mana pendemo bertukar bunga dengan pasukan keamanan.

Kementerian Dalam Negeri Irak sempat menyatakan polisi bakal "melindungi" demonstran. Namun pada Jumat malam, terjadi kerusuhan.

Setengah dari 42 korban yang tewas terjadi setelah mereka merangsek ke markas faksi militer maupun lembaga pemberintahan.

Sumber keamanan menerangkan, 12 orang terbunuh di Diwaniyah, ketika mereka berusaha membakar markas organisasi Badr, bagian pasukan paramiliter Hashed al-Shaabi.

Sementara Komisi HAM Irak menyatakan, mereka mencatat terdapat 30 orang tewas, dengan angka itu tak mencakup jumlah di Diwaniyah.

Organisasi itu mengatakan, emreka tewas baik oleh tembakan peluru tajam maupun gas air mata baik di Baghdad dan empat provinsi selatan.

Ada yang terbunuh karena berusaha memasuki kantor Asaib Ahl al-Haq, faksi militer lain, yang berlokasi di dua kota selatan.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.