Kompas.com - 25/10/2019, 17:24 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia menyatakan, sebanyak 300 personel polisi militer sudah sampai di Suriah untuk melakukan patroli perbatasan dengan Turki.

Dalam keterangan kementerian pertahanan dilansir AFP Jumat (26/10/2019), polisi militer itu didatangkan dari Region Chechnya.

Baca juga: Warga Kurdi Suriah Lempari Kendaraan Militer AS dengan Batu dan Tomat Busuk

Rusia menuturkan, nantinya mereka akan bertugas memastikan populasi, dan membantu menjauhkan milisi Kurdi sejauh 30 km dari perbatasan Turki dan Suriah.

Selain itu, kementerian pertahanan juga menuturkan sebanyak 20 kendaraan lapis baja juga diterbangkan ke Suriah untuk membantu tugas.

Pekan ini, Rusia dan Turki menandatangani kesepakatan di mana polisi militer dan pasukan perbatasan Suriah "menghapus" Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG).

Kesepakatan itu diambil setelah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Sochi, Selasa (22/10/2019).

Adapun setelah kesepakatan dicapai, Kremlin langsung memberangkatkan unit polisi militernya untuk berpatroli keesokan harinya (23/10/2019).

Perjanjian itu tercapi setelah Presiden AS Donald Trump mengumumkan penarikan pasukan dari Suriah, dan memberi jalan Ankara menyerang milisi Kurdi.

Namun pada Kamis (24/10/2019), Trump mengumumkan dia masih mempertahankan sejumlah kecil tentara untuk mempertahankan ladang minyak di timur laut Suriah.

Baca juga: Konflik Suriah: Turki dan Rusia Umumkan Gencatan Senjata Bersejarah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.