Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Diisukan Berencana Ganti Pemimpin Hong Kong Carrie Lam

Kompas.com - 23/10/2019, 18:42 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

HONG KONG, KOMPAS.com - China dikabarkan menggulirkan rencana untuk mengganti Pemimpin Hong Kong Carrie Lam di tengah aksi protes yang hampir berlangsung lima bulan.

Dalam laporan Financial Times, kepala eksekutif pro-Beijing itu terus menghadapi kritik dan tekanan demonstran di kota semi-otonomi itu.

Sejauh ini, pemerintah pusat China masih memberikan dukungan dengan polisi masih menyebut demonstran sebagai "perusuh", dan mengecam adanya kekerasan.

Baca juga: Polisi Hong Kong Klaim Temukan Benda Diduga Bom selama Aksi Protes

Namun dilansir AFP Rabu (23/10/2019), sumber menuturkan Beijing berencana mengganti Carrie Lam dengan pemimpin sementaara.

Meski begitu, pemerintah pusat masih memantau situasi untuk memastikan kota stabil, sehingga tidak terkesan kalah oleh keadaan.

Melalui juru bicara kementerian luar negeri Hua Chunying, Beijing menganggap kabar itu sebatas rumor dengan motif tersembunyi.

"Pemerintah pusat menegaskan dukungannya bagi Pemimpin Hong Kong Carrie Lam untuk mengakhiri kekacauan dan kerusuhan, serta memulihkan ketertiban," terangnya.

Sudah hampir lima bulan terakhir, salah satu pusat finansial dunia itu dilanda aksi protes dengan tingkat bentrokan terus meningkat.

Pada awal Oktober ini, Lam menggunakan peraturan era kolonial melarang masker, dan menyebabkan kerusuhan yang hampir menutupi jaringan transportasi.

Salah satu dari pemimpin pergerakan, Jimmy Sham, harus mendapat perawatan di rumah sakit setelah diserang orang tak dikenal menggunakan palu pekan lalu.

Jika Presiden China Xi Jinping berencana mendepak Lam, maka penggantinya dilaporkan bakal diumumkan pada Maret tahun depan.

Kandidat yang dipersiapkan untuk mengisi jabatannya antara lain Norman Chan, mantan Kepala Otoritas Moneter Hong Kong.

Atau Henry Tang yang saat ini menjabat sebagai sekretaris keuangan dan sekretaris kepala untuk pemerintahan. Tang membantah dan meneguhkan dukungannya bagi Lam.

Baca juga: Pemimpin Hong Kong Kunjungi Masjid yang Disiram Meriam Air Polisi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com