Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tabrakan Bus dengan Kendaraan Berat, 35 Warga Asing Tewas dalam Perjalanan Umroh

Kompas.com - 17/10/2019, 15:51 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

MADINAH, KOMPAS.com - Sebanyak 35 warga negara asing dilaporkan tewas dalam sebuah kecelakaan yang melibatkan bus dengan kendaraan berat di Arab Saudi, pada Rabu (16/10/2019) malam.

Dilansir AFP, kecelakaan itu terjadi antara bus sewaan dengan sebuah kendaraan berat di dekat Madinah. Selain 35 korban tewas, empat orang lainnya mengalami luka-luka.

Media pemerintah Saudi Press Agency, menyebut para korban dalam kecelakaan itu merupakan warga asing dari negara Arab dan Asia, yang sedang dalam perjalanan ibadah umroh dari Madinah menuju Mekkah.

Baca juga: Kecelakaan Bus Wisata di Korea Utara, 32 Turis China Tewas

Para korban luka telah dipindahkan ke Rumah Sakit Al-Hamna, sementara pihak berwenang telah memulai penyelidikan.

Menurut surat kabar Okaz, para korban adalah ekspatriat yang tinggal di Kerajaan Arab Saudi, yang sedang melakukan perjalanan umroh.

Pangeran Faisal bin Salman, selaku gubernur Madinah, menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban.

Kewarganegaraan para korban tewas maupun luka dalam kecelakaan bus tersebut tidak diungkapkan.

Namun Perdana Menteri India Narendra Modi sempat mengirimkan ucapan belasungkawa melalui akun Twitter miliknya.

Baca juga: Truk Tabrak Bus Diduga Rem Blong, 10 Orang Terluka

"Sedih mengetahui kabar kecelakaan bus di dekat Mekkah di Arab Saudi. Belasungkawa kepada keluarga mereka yang kehilangan nyawa dan doa untuk pemulihan cepat para korban luka," tulis Modi.

Arab Saudi menjadi tujuan umat Muslim dunia yang hendak menjalankan ibadah haji yang digelar setiap tahun, serta umroh yang bisa dilakukan sepanjang tahun.

Perjalanan ibadah para peziarah Muslim itu bisa melalui bukit-bukit dan lembah di sekitar Mekkah, terkadang juga melalui Madinah.

Pemerintah Kerajaan Arab Saudi terus berupaya meningkatkan pelayanan bagi jemaah umroh dan haji dengan menyediakan sarana transportasi dan infrastruktur yang memadai.

Terutama saat musim haji, perjalanan membawa jemaah bisa menjadi sangat kacau dengan ribuan bus yang menuju tempat yang sama menciptakan kemacetan panjang.

Baca juga: Bus Tabrak Truk yang Diparkir, 13 Orang Tewas

Tahun lalu, jalur kereta berkecepatan tinggi telah dibuka untuk menghubungkan Mekkah dengan Madinah, menyingkat waktu perjalanan hingga separuhnya, menjadi hanya dua setengah jam.

Meski demikian, terjadinya kecelakaan lalu lintas tidak jarang terjadi. April tahun lalu, empat peziarah asal Inggris tewas dan 12 lainnya luka, setelah bus yang mereka tumpangi bertabrakan dengan truk tangki yang membawa bahan bakar.

Pada Januari 2017, enam warga Inggris, termasuk bayi yang baru berusia dua bulan, tewas dalam kecelakaan minibus di tengah perjalanan ke Madinah, setelah menjalani ziarah ke Mekkah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com