Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Keluarga Belanda Bersembunyi 9 Tahun "Menunggu Kiamat", Pria Austria Ditahan

Kompas.com - 17/10/2019, 07:49 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

RUINERWOLD, KOMPAS.com - Polisi Belanda menahan seorang pria Austria terkait kasus keluarga Belanda yang bersembunyi selama 9 tahun "menunggu kiamat".

Penyidik mencurigai pria itu sengaja menahan ayah dan lima anaknya tanpa persetujuan mereka di rumah peternakan terpencil sebelum diselamatkan.

Pria 58 tahun, diidentifikasi bernama Josef B, ditahan setelah polisi menemukan keluarga itu di ruangan rahasia di Ruinerwold, Belanda.

Baca juga: [POPULER INTERNASIONAL] Keluarga di Belanda Menanti Kiamat | Erdogan Tak Khawatir Disanksi AS

Kasus itu menyeruak setelah pria tertua datang ke bar dan memesan bir, dengan media mengungkapkan mereka bersembunyi karena "menunggu kiamat".

Misteri pun menggelayut karena pria tertua yang datang ke bar diketahui aktif di media sosial pada tahun ini, dilaporkan AFP Rabu (15/10/2019).

Dalam investigasinya, jaksa Belanda menyatakan Josef B diduga melakukan perampasan kemerdekaan dan merusak kesehatan orang lain.

Pria Austria itu disebut bakal dihadapkan ke pengadilan Kamis (17/10/2019) untuk menentukan apakah dia bakal dikurung dalam waktu lama.

Polisi juga menyerbu dua properti yang diduga milik Josef B, salah satunya Zwartsluis, berlokasi sekitar 16 kilometer dari Ruinerwold.

Kementerian Luar Negeri Austria menyatakan, memang ada warganya dari Wina yang ditahan. Namun, pria itu menolak bertemu dengan perwakilan negara.

Juru bicara kementerian Peter Guschelbauer mengatakan, otoritas Negeri "Kincir" sudah memberitahukan kepada mereka bahwa selain Josef B, semuanya adalah warga Belanda.

Baca juga: Beralasan Menanti Kiamat, Satu Keluarga di Belanda Tinggal di Bawah Tanah selama 9 Tahun

"Kami Tak Pernah Melihat Apa Pun"

Wali Kota Perg di Negara Bagian Upper Austria berkata, Josef B dikenal sebagai tukang kayu dan tinggal sendirian selama 10 tahun sebelum pindah ke Belanda 2010.

Di Ruinerwold, dia dikenal sebagai "Josef Si Austria" dengan media Belanda menyebutnya pemimpin kelompok, menyewakan rumah dan menanam sayuran bagi keluarga itu.

Vincent de Gooijer, warga setempat, mengungkapkan, awalnya mereka mengira bahwa dia adalah tetangga mereka dan hidup sendiri.

Baca juga: [POPULER INTERNASIONAL] China Pamerkan Senjata Hari Kiamat | Gadis Menari di Kandang Singa

"Dia selalu sibuk bekerja, kami mengira dia mengurus pertaniannya. Namun, dia selalu datang pagi hari dan pulang petang. Jadi dia tak tinggal di sana," ucap Gooijer.

Warga 46 tahun itu melanjutkan, dia tidak menyangka ternyata selama sembilan tahun, ada keluarga yang disekap di sana.

Halaman:
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com