Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diberikan Antibiotik Alih-alih Obat Pengurang Tekanan Otak, Bocah 5 Tahun Meninggal

Kompas.com - 16/10/2019, 16:31 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

YIXING, KOMPAS.com - Seorang bocah lima tahun di kawasan timur China meninggal setelah diberikan obat yang salah oleh perawat pada September lalu.

Zhu Chenyi segera dilarikan ke Rumah Sakit Rakyat Yixing di Yixing, Provinsi Jiangsu, dengan keluhan demam tinggi pada bulan lalu.

Baca juga: Cegah Antraks Meluas, Ratusan Hewan Ternak Disuntik Antibiotik

Dilansir Thepaper.cn via SCMP Selasa (15/10/2019), berdasarkan pemeriksaan, Zhu didagnosa terkena virus encephalitis dengan gejala psikotik.

Alih-alih memberikan obat untuk mengurangi tekanan di otak, perawat di sana malah memberikannya antibiotik pada 8 September.

Dokter segera memerintahkan pemeriksaan CAT begitu melihat bocah lima tahun itu tak nyaman. Namun saat itu, tidak ditemukan adanya keanehan.

Rumah sakit kemudian bermaksud mengirimkannya ke rumah sakit anak yang berafiliasi dengan Universitas Suzhou pada siang hari waktu setempat.

Namun di tengah jalan, bocah itu tiba-tiba terkena serangan jantung. Meski ayahnya berhasil membawanya ke rumah sakit terdekat, dia dinyatakan meninggal malamnya.

Berdasarkan penyelidikan yang dilakukan Komisi Kesehatan Yixing, diketahui dua perawat yang bertugas tak menjalani prosedur dengan benar.

Sebagai konsekuensinya, dua perawat itu dipecat. Sementara staf rumah sakit lain bakal menerima hukuman setelah investigasi seluruhnya dilakukan.

Komisi kesehatan setempat menekankan kepada rumah sakit di seluruh kota untuk memperbarui prosedur pengobatan, dan perlunya verifikasi berulang.

Adapun pihak rumah sakit dan keluarga Zhu dilaporkan sudah mencapai kesepakatan seusia tragedi itu, tanpa dijabarkan lebih lanjut.

Dilaporkan komisi kesehatan Yixing menuturkan, keluarga itu bisa mengajukan gugatan malpraktik jika mereka tidak puas dengan tawaran rumah sakit.

Berdasarkan laporan yang berkembang, rumah sakit bersikukuh mereka hanya "bertanggung jawab kecil" atas kematian Zhu. Namun keluarga tak setuju.

Baca juga: 5 Fakta Ancaman Antraks di Gunungkidul, Ternak Diisolasi hingga Disuntik Antibiotik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com