Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disergap dan Ditembaki oleh Kartel Narkoba, 13 Polisi Meksiko Terbunuh

Kompas.com - 16/10/2019, 11:37 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber BBC,Sky News

EL AGUAJE, KOMPAS.com - Sebanyak 13 polisi di Negara Bagian Michoacan, Meksiko, tewas terbunuh setelah disergap dan ditembaki oleh kartel narkoba di sana.

Sebagai respons, pemerintah pusat langsung mengirim 80 tentara dan helikopter tempur untuk menumpas dalang dari serangan mematikan.

Serangan itu terjadi di kota El Aguaje di Region Aguililla, di mana kekerasan disebabkan kartel narkoba meningkat dalam beberapa bulan terakhir.

Baca juga: Cegah Capim KPK Didukung Kartel Narkoba, Pansel Gandeng BNN

Dilaporkan BBC dan Sky News Selasa (15/10/2019), patroli polisi itu tiba-tiba dikepung oleh kelompok bersenjata saat melewati kota.

Laporan setempat menyatakan konvoi dikepung oleh para penyerang yang menaiki truk pikap. Mereka melepaskan tembakan dan membakar mobil polisi.

Selain 13 polisi tewas, sembilan penegak hukum lainnya terluka setelah ditembaki menggunakan senapan AK-47 dan penembak runduk AR-15.

El Aguaje disebut merupakan lokasi strategis yang diperebutkan dua kartel: Jalisco Nueva Generación Cartel dan Los Viagras yang adalah sempalan Knight Templar Cartel.

Sebuah pesan yang ditemukan di lokasi penyerangan menunjukkan penyergapan itu didalangi oleh kelompok Jalisco Nueva Generación.

Sebabnya, sosok yang disebut bakal pemimpin Jalisco dilaporkan tewas ditembak oleh polisi Negara Bagian Michoacan pada pekan lalu.

Michoacan disebut menderita karena kekerasan kartel narkoba selama bertahun-tahun. Agustus lalu, 9 orang ditemukan tergantung di jembatan.

"Tidak pelaku yang bakal menghindar dari hukuman. Serangan ini pengecut karena mereka melakukan penyergapan," kecam Gubernur Silvano Aureoles.

Pasukan keamanan gabungan Michoacan dan pusat memblokir jalan di kawasan barat Meksiko yang disebut "daerah panas" untuk memburu pelakunya.

Meski begitu, kartel Jalisco dikabarkan makin kuat dengan operasi yang dilancarkan baik pemerintah negara bagian maupun pusat tak membuahkan hasil.

Selama bertahun-tahun, Michoacan dikenal sebagai daerah penanaman ganja dan pembuatan methamphetamine, dengan pelabuhan lokal Lazaro Cardenas adalah lokasi kunci.

Baca juga: Bekerja Sama dengan Kartel Narkoba, Capres Guatemala Ini Ditangkap AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC,Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com