Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guru di China Paksa Muridnya Makan Sampah sebagai Hukuman

Kompas.com - 15/10/2019, 17:37 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Asia One

ZHENGZHOU, KOMPAS.com - Seorang guru di Provinsi Henan, China, menjadi sorotan setelah dia menyuruh murid untuk makan sampah sebagai bentuk hukuman.

Sejumlah siswa dari SMP Shui Quan dilarikan ke rumah sakit setelah menderita sakit parah, dengan pemeriksaan menunjukkan ada benda asing di perut mereka.

Baca juga: Siswa di Jakarta Bisa Punya Tabungan dengan Kumpulkan Sampah

Dilaporkan Asia One Selasa (15/10/2019), setelah dilakukan pengecekan, ternyata si guru telah menyuruh murid itu untuk makan sampah sebagai hukuman.

Diberitakan Beijing News, awalnya si guru tengah melakukan pemeriksaan kelas setelah menyadari ada tong sampah yang belum dibuang isinya.

Ketika para siswa tidak ada yang berani mengaku, si pelaku diduga menyuruh mereka semua ke luar kelas, dan disuruh memakan isi tong sampah sebelum boleh pulang.

"Dia berdiri di samping dan terus mengawasi. Jadi saya tidak berani jika tidak memakannya," ungkap salah seorang murid kepada China Press.

Siswa itu mengungkapkan, setidaknya ada 10 anak yang bernasib seperti dirinya. Mereka tidak berani melapor ke orangtua karena takut bakal dikeluarkan.

Berdasarkan keterangan salah satu orangtua murid, dia sadar dalam perut anaknya, terdapat benda seperti kertas, kerang, hingga plastik.

Kepala sekolah berusaha membela si guru dengan mengatakan, dia tidak sungguh-sungguh memaksa muridnya, dan dia hanya berada dalam keadaan marah.

Namun netizen China dengan cepat berkomentar bahwa anak-anak itu tentunya tidak akan mau memakannya kecuali mereka mendapat paksaan.

"Murid itu tidak bodoh. Jika tidak ada yang memaksa mereka, buat apa juga mereka memakannya," kata seorang warganet di media sosial.

Sementara netizen lain menimpali, anak berusia 10 tahun tidak akan bisa berbuat banyak jika guru itu terus mengawasi mereka di sudut kelas.

Si guru yang bertanggung jawab menyuruh murid untuk makan sampah dilaporkan ditangkap, dengan kepala sekolah diberhentikan dari jabatannya.

Baca juga: Polisi Sebut Guru Ngaji Cabuli 4 Muridnya Kelainan Seksual

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com