Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

King Cobra Sepanjang 4 Meter Ditangkap dari Dalam Selokan di Thailand

Kompas.com - 15/10/2019, 15:51 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

KRABI, KOMPAS.com - Seekor ular kobra sepanjang empat meter diamankan dari dalam selokan di Thailand selatan, Minggu (13/10/2019).

Dilansir AFP, ular jenis King Cobra itu pertama kali ditemukan oleh penjaga keamanan di perumahan yang kemudian langsung menghubungi lembaga penyelamatan satwa liar, Krabi Pitakpracha Foundation.

"Tujuh petugas penyelamat satwa, termasuk saya, pergi ke lokasi," kata Kritkamon Kanghae (26), yang pertama menemukan ular dan menghubungi petugas.

Ditambahkan Kritkamon, lokasi perumahan tersebut dibangun di atas sebidang tanah yang dulunya merupakan kawasan hutan.

Baca juga: Berkorban demi Keluarga Majikan, Anjing Ini Mati Saat Gigit Ular Kobra

Kritkamon mengatakan ular itu memiliki panjang lebih dari empat meter dan berat sekitar 15 kilogram. Menurutnya, ular King Cobra itu adalah yang terbesar ketiga yang pernah ditemukan kelompok penyelamat satwa liar itu.

Upaya penangkapan ular kobra itu berlangsung selama hampir satu jam, dengan petugas berusaha menggiring dan menariknya keluar dari dalam selokan.

Petugas dari kelompok penyelamat satwa liar, Krabi Pitakpracha Foundation, saat berupaya menangkap seekor King Cobra sepanjang lebih dari empat meter dari dalam selokan.AFP PHOTO / KRABI PITAKPRACHA FOUNDATION Petugas dari kelompok penyelamat satwa liar, Krabi Pitakpracha Foundation, saat berupaya menangkap seekor King Cobra sepanjang lebih dari empat meter dari dalam selokan.
Ular kobra itu sempat beberapa kali meloloskan diri dan kembali masuk ke dalam pipa gorong-gorong yang gelap dan sempit.

Namun petugas akhirnya mampu menarik ekornya keluar dan menangkap ular itu dalam keadaan hidup, sebelum kemudian melepaskannya ke alam liar

Ular King Cobra merupakan jenis ular berbisa terpanjang di dunia, sementara Thailand merupakan negara Asia Tenggara yang menjadi habitat asal beberapa jenis spesies kobra.

King Cobra juga kerap menjadi referensi cerita rakyat tentang ular yang mematikan.

Baca juga: Kewaspadaan pada Satwa Liar, Bukan Hanya untuk King Cobra

Bandara internasional utama di Thailand juga disebut dibangun di kawasan yang dulunya disebut dengan "Rawa Kobra".

Masalah ular berbisa juga kerap ditemukan di wilayah ibu kota Thailand, Bangkok, di mana petugas pemadam kebakaran kerap dipanggil untuk menangkap ular di kediaman warga.

Sementara pihak berwenang enggan menyingkirkan ular-ular tersebut karena reptil itu membantu dalam mengendalikan populasi hama, terutama tikus, yang dapat mengancam tanaman serta persediaan makanan.

Namun ular kobra kerap kali juga memangsa ular lainnya, terutama jenis ular tikus.

Baca juga: Setelah Digigit Ular Berbisa, Seorang Pria Gigit Istrinya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com