Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Bikini Tipis di Pantai Boracay Filipina, Turis Taiwan Ditangkap dan Didenda Rp 685.000

Kompas.com - 14/10/2019, 14:33 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MANILA, KOMPAS.com - Seorang turis asal Taiwan dilaporkan ditangkap dan didenda hingga Rp 685.000 karena mengenakan bikini kecil di Pantai Boracay, Filipina.

Dilansir Daily Mirror Senin (14/10/2019), si wisatawan itu disebut bernama Lin Tzu Ting, dengan dia tengah berlibur bersama pacarnya.

Staf hotel yang melihatnya di hari pertama sempat memperingatkan turis 26 tahun supaya dia tak lagi mengenakan bikini tipis saat hendak keluar pantai.

Baca juga: Istri David Foster Pose Pakai Bikini, tapi Nyontek Kim Kardashian

Namun Lin mengabaikannya, dan tetap mengenakan bikini yang terlampau seksi itu untuk dua hari beruntun, hingga warga lokal melihatnya.

Si warga itu kemudian melapor ke polisi, yang langsung merespons. Lin pun diminta berganti pakaian sebelum digelandang ke van.

Lin mengungkapkan, dia mengenakan bikini tipis itu merupakan "simbol seni" dan "ekspresi personal". Sementara si pacar menyebut itu lumrah di Taiwan.

Namun polisi tak menerima, sehingga Lin didenda 2.500 peso (Rp 685.000). Dia diharuskan membayar sebelum meninggalkan Pantai Boracay pada 11 Oktober.

Kepala Grup Manajemen dan Rehabilitasi Antar-lembaga Boracay (BIAMRG) Natividad Bernardino berkata, setiap turis harus mematuhi kultur dan tradisi Filipina.

"Mereka sudah diberi tahu oleh staf hotel. Namun mereka mengabaikannya. Kami mempunyai kultur sendiri sebagai masyarakat Asia dan Filipina," tegas Bernardino.

Sementara Kepala Polisi Pulau Malay Mayor Jess Baylon berujar, pasangan turis Taiwan itu didenda karena mempertontonkan "gambar erotis".

Baylon mengungkapkan bahwa bikini yang dikenakan Lin hanya selembar benang, dengan pacar Lin mengatakan bahwa pasangannya itu hanya menunjukkan dia percaya diri.

"Namun tradisi dan adat mereka tidak sama dengan kami. Mereka harus menghormati kebudayaan, tradisi, dan sikap pantas kami," jelasnya.

Pasangan itu dilaporkan meninggalkan Boracay Jumat siang, dengan polisi meminta hotel dan penginapan agar tak mengulangi kejadian serupa.

Baca juga: Orangtua Murid TK di China Kaget Lihat Penampilan Bocah Pakai Bikini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com