Kompas.com - 14/10/2019, 09:35 WIB

QAMISHLI, KOMPAS.com - Sebuah video memperlihatkan detik-detik anggota Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) kabur dari penjara yang dikelola Kurdi.

Video yang dirilis Pasukan Demokratik Suriah (SDF) di Twitter menunjukkan anggota kelompok ekstremis itu kabur dari penjara di perbatasan Turki.

"Teroris ISIS melarikan diri dari penjara Jirkin di Qamishli, sebagai hasil dari pemboman Turki," jelas SDF dalam kicauan di Twitter.

Baca juga: Lebih dari 700 Orang Pendukung Asing ISIS Kabur dari Kamp Penahanan di Suriah

Dilansir Daily Mirror Minggu (13/10/2019), penyerangan Ankara buntut keputusan Presiden AS Donald Trump yang menarik pasukan dari Suriah.

Dalam video yang dirilis SDF, lima anggota ISIS bisa melarikan diri begitu saja setelah membuka pintu penjara, dan dilanjutkan membuka pintu lain dengan orang berhamburan keluar.

Upaya kabur itu terjadi setelah ISIS mengklaim bertanggung jawab atas bom mobil yang meledak di kota Kurdi pada Jumat (11/10/2019).

Di saat bersamaan sekitar 100 km jauhnya, perempuan yang diduga anggota ISIS menyerang penjaga keamanan di kamp pengungsi Al-Hawl.

Ankara dan pemberontak Suriah yang didukungnya membombardir pertahanan Kurdi dari darat dan udara sejak Rabu pekan lalu (9/10/2019).

Tekanan yang dilakukan oleh Ankara melalui Operation Peace Spring memaksa Kurdi untuk menjalin persekutuan dengan pemerintah Suriah.

Komandan SDF Mazloum Abdi dalam tulisannya di Foreign Policy menyebut, dia tidak percaya dengan Damaskus maupun sekutunya, Suriah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.