Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Turki Klaim Merebut Kota Suriah, Kurdi Membantah

Kompas.com - 12/10/2019, 19:39 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

ANKARA, KOMPAS.com - Pasukan Turki mengklaim, mereka berhasil merebut kota perbatasan Suriah dari tangan Kurdi, yang segera direspons bantahan.

"Sebagai hasil dari kesuksesan Operation Peace Spring, kota Ras al-Ain di timur Eufrat berada dalam kendali," jelas Turki di Twitter.

Baca juga: Militer Turki Bantah Menyerang Pasukan AS di Suriah

Ras al-Ain dan Tal Abyad merupakan fokus utama operasi militer Turki melawan Kurdi Suriah sejak operasi dilancarkan pada Rabu (9/10/2019).

Ankara selalu menggunakan pengeboman disertai dengan upaya ofensif, membuat ribuan penduduk lokal harus melarikan diri dari sana.

Namun seperti diberitakan AFP Sabtu (12/10/2019), Kurdi membantah kota mereka sudah dikuasai di tengah serangan yang memasuki hari keempat.

"Ras al-Ain masih melawan dengan pertempuran masih berlangsung," tegas Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang dipimpin Kurdi.

Mengutip keterangan dari pejabat anonim, SDF disebut sempat mundur sebelum melancarkan serangan balasan kepada pasukan Turki.

Dalam pantauan jurnalis AFP, Turki dan kelompok pemberontak Suriah yang menjadi sekutunya memang memasuki kota. Namun belum merebutnya.

Begitu juga degan Observasi HAM untuk Suriah yang menyatakan, belum ada tanda-tanda bahwa Ras al-Ain telah jatuh ke tangan Ankara.

Seorang komandan tentara pemberontak yang didukung Turki mengatakan, mereka memang sudah menyegel rute utama. Namun pertahanan SDF membuat mereka urung bergerak maju.

"Terdapat perlawanan yang luar biasa. Kami tidak mampu untuk bergerak karena banyaknya penembak runduk (sniper)," jelas komandan tersebut.

Baca juga: Buntut Serangan Turki, 5 Tahanan ISIS Melarikan Diri dari Penjara Kurdi Suriah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com