Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beruang Ini Meratap Saat Diikat di Samping Iklan Sirkus

Kompas.com - 12/10/2019, 18:39 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

BODAYBO, KOMPAS.com - Seekor beruang hitam diketahui meratap saat diikat di pagar samping iklan sirkus, dan menjadi perhatian pengguna jalan.

Binatang itu terdengar menangis saat dipaksa berdiri dengan kaki belakangnya dalam rekaman memilukan yang diambil di kota penambang emas Bodaybo.

Baca juga: Membuat Resah, Beruang Madu yang Muncul di Ladang Warga Berusaha Dijebak

Sejak video ratapan beruang itu muncul, protes pun berkembang. Namun pejabat lokal Elena Stepanova berujar, beruang itu bertindak layaknya "gadis kecil".

Di media sosial, seorang warganet berkomentar bagaimana hewan itu tidak senang karena diikat di pagar dekat iklan sirkus.

"Orang-orang, sadarlah. Apa yang kalian lakukan," hardik netizen lain sebagaimana diberitakan Daily Mirror Jumat (11/10/2019).

Netizen lain menuturkan perlakuan terhadap beruang itu terbilang kejam, dan menyatakan seharusnya perhelatan sirkus dilarang.

Warganet yang melihat video itu mengklaim bahwa si beruang menderita luka atau kelaparan, dan membuat dia mengeluarkan suara seperti meratap.

Namun Stepanova yang merupakan kepala departemen kebudayaan lokal menuturkan bahwa hewan itu "bernyanyi" alih-alih menderita.

Stepanova mengatakan, anak-anak begitu senang dengan adanya sirkus, dan mengklaim bahwa sejumlah beruang di pertunjukan "ramah".

Sementara direktur sirkus Evgeny Zakharov menjelaskan duduk persoalannya, dan tidak menyangka video tersebut bakal viral.

"Dalam kesempatan itu, si pawang sedang berada di dekat beruang itu untuk memberikannya sosis," jelas Zakharov.

Baca juga: Ada Beruang Berkeliaran, Warga Sengeti di Jambi Enggan Berkebun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com