Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Dihantam Gempa Magnitudo 5,7 Saat Bersiap Hadapi Topan Hagibis

Kompas.com - 12/10/2019, 17:44 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com - Sebuah gempa bermagnitudo 5,7 dilaporkan mengguncang pesisir timur di Pulau Honshu, Jepang, saat negara itu bersiap menghadapi Topan Hagibis.

Badan meteorologi setempat mengungkapkan, gempa itu mengguncang pukul 18.22 waktu setempat, seperti dilaporkan Russian Today Sabtu (12/10/2019).

Baca juga: 1 Orang Tewas Saat Topan Hagibis Menerjang Pusat Jepang

Dilaporkan bahwa gempa itu berada di kedalaman 80 kilometer, dengan episentrumnya disebut berada di kawasan Prefektur Chiba.

Lebih dari 1,6 juta warga sudah mendapat instruksi untuk berlindung di tengah ancaman Topan Hagibis yang mendekat di Sabtu ini.

Topan Hagibis diperkirakan mendarat pada Sabtu sore waktu setempat. Namun, dampaknya sudah memengaruhi kawasan tengah dan selatan Honshu.

Segala penerbangan dari dan menuju Tokyo dibatalkan hingga Minggu pagi (13/10/2019). Selain itu, kereta cepat di Tokyo, Nagoya, dan Osaka juga ditangguhkan.

Berdasarkan laporan dari perusahaan penyedia listrik TEPCO, wilayah di Kanto, Chiba, maupun ibu kota Tokyo mengalami pemadaman.

Topan Hagibis disebut merupakan topan terkuat dalam 60 tahun terakhir, dengan ahli memperkirakan bakal lebih hebat dari Topan Ida.

Ketika menerjang Jepang pada 1958 silam, Topan Ida diberitakan menewaskan sekitar 1.269 orang.

Baca juga: BMKG Tegaskan Pengaruh Topan Hagibis di Jepang Tak Sampai Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com