Kompas.com - 12/10/2019, 08:30 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Pentagon menyatakan, pasukan AS yang bermarkas di dekat perbatasan Suriah mendapat serangan dari tentara Turki.

Juru bicara Pentagon menuturkan, mereka bakal menghadapi serangan artileri itu dengan "aksi pertahanan yang disiapkan secepatnya".

Baca juga: Senator AS Berniat Menjatuhkan Sanksi kepada Turki Kecuali Keluar dari Suriah

Militer AS mengonfirmasi terjadi ledakan beberapa meter dekat pos mereka di kota Kobani pada pukul 21.00 waktu setempat.

Dilansir AFP Jumat (11/10/2019), Pentagon menegaskan area itu dikenal oleh tentara Turki sebagai daerah yang dihuni pasukan AS.

"Seluruh militer AS telah dihitung dan tidak ada yang terluka. AS juga belum menarik diri dari Kobani," jelas Kapten Brook DeWalt dalam keterangannya.

Presiden Donald Trump mendapat tekanan karena dianggap memberikan lampu hijau setelah Gedung Putih mengumumkan penarikan pasukan dari perbatasan Suriah.

Turki menargetkan Pasukan Demokratik Suriah (SDF), sekutu AS dalam operasi menumpas ISIS di mana mereka kehilangan 11.000 orang selama lima tahun terakhir.

Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengatakan, Trump telah memerintahkan, namun belum mengaktifkan, "sanksi baru signifikan" untuk mencegah Ankara melakukan serangan lanjutan.

DeWalt menambahkan, Pentagon menolak rencana Turki untuk menyerang Suriah, terlebih dengan daerah di mana mereka bermarkas.

"AS meminta supaya Turki menghindari kebijakan yang bakal kami balas dengan aksi pertahanan yang disiapkan secepatnya," jelas DeWalt.

Baca juga: AS Ingin Menengahi Gencatan Senjata antara Turki dengan Kurdi Suriah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.