Kompas.com - 11/10/2019, 21:58 WIB

QAMISHLI, KOMPAS.com - Kerusuhan dilaporkan pecah di Al-Hol, kamp yang dikelola Kurdi Suriah untuk menampung anggota keluarga kelompok ISIS.

Insiden itu terjadi ketika pasukan keamanan Kurdi yang bertanggung jawab dikerahkan ke garis depan untuk membendung invasi pasukan Turki.

Pasukan keamanan internal Kurdi, dikenal sebagai Asayish, diserang oleh penghuni kamp yang begitu padat itu, termasuk sekelompok perempuan.

Baca juga: Serangan Turki Disebut Hantam Penjara Berisi Anggota ISIS

Dilaporkan AFP Jumat (11/10/2019), insiden itu dimulai ketika para perempuan yang merupakan keluarga anggota ISIS menolak perintah sipir.

Pejabat Kurdi di kamp pengungsi Al-Hol mengatakan, kelompok itu meneriakkan sesuatu, dan kemudian mulai melempar batu kepada mereka.

"Asayish kemudian memasuki kamp dan bisa mengendalikan situasi," terang si pejabat seraya menambahkan peristiwa itu bisa terulang kembali.

"Mereka membuat kerusuhan untuk berusaha kabur. Mereka mencoba melarikan diri melewati Asayish. Namun sejauh ini belum ada laporan yang lolos," ujarnya.

Kurdi maupun pejabat luar negeri mengungkapkan kekhawatiran bahwa invasi Turki bisa menimbulkan kekosongan keamanan, dan memicu kabur massal.

Meski begitu, kebanyakan negara Barat menolak untuk memulangkan kembali warga mereka yang bergabung dengan ISIS dan ditahan di kamp Al-Hol.

Kekacauan itu disebabkan Operation Peace Spring yang dilancarkan Ankara sejak Rabu (9/10/2019) untuk menggempur Kurdi di utara Suriah.

Halaman:
Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.