Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Rilis Foto Putin Memetik Jamur di Hutan Saat Hari Ulang Tahun

Kompas.com - 07/10/2019, 19:57 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Tepat Senin ini (7/10/2019), Presiden Rusia Vladimir Putin merayakan ulang tahun ke-67 tahun. Kremlin pun merilis foto saat dia berjalan di hutan dan memetik jamur.

Dia menghabiskan liburan singkatnya di pegunungan di atas Sungai Yenisei di Siberia. Berakhir pekan dengan memetik jamur bersama Menteri Pertahanan Sergey Shoigu.

Baca juga: Putin: Tidak Ada Bukti Iran Bertanggung Jawab dalam Serangan di Arab Saudi

Dalam video yang dirilis oleh Rusia, nampak Putin serta Shoigu tengah memetik dan mencium jamur, seperti dilaporkan kantor berita AFP.

Selain itu, terdapat juga gambar ketika Putin berjalan di kawasan selatan Siberia, ketika sang presiden menikmati ketenangan di kehidupan liar.

"Kita sudah mendaki melewati awan, di ketinggian 2.000 meter dari permukaan laut," ujarnya dalam video yang dipublikasikan Moskwa.

Tak hanya berjalan. Mantan Perdana Menteri Rusia itu menaiki kendaraan segala medan di hutan, serta menumpang helikopter.

Dalam petualangannya sebelumnya, Putin dilaporkan menandai seekor paus beluga, dan kemudian terbang menggunakan crane yang bermigrasi.

Meski sering muncul fotonya berpetualang di alam liar, Putin diketahui mendukung pengeboran Arktik, dan meragukan pemanasan global.

Rusia disebut gemar melakukan "perburuan sunyi" terhadap jamur, yang saat ini dikabarkan tengah musim. Perburuan itu banyak diperbincangkan, termasuk dalam literasi Leo Tolstoy, Anna Karenina.

Baca juga: Ditanya Apa Rusia Bakal Intervensi Pilpres AS 2020, Putin: Jangan Bilang Siapa Pun, Kami Akan Melakukannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com