Kompas.com - 07/10/2019, 18:45 WIB

VATICAN CITY, KOMPAS.com - Paus Fransiskus memberikan pesan perlunya menerapkan cinta kasih, pelayanan, dan pengorbanan saat melantik para Kardinal.

Dalam upacara pelantikan yang digelar Sabtu sore di Vatikan (5/10/2019), Paus menyampaikan khotbah berdasarkan Injil Markus 6: 30-37a tentang belas kasih Yesus.

Baca juga: Hari Ini, Paus Fransiskus Bakal Lantik Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo sebagai Kardinal

Di khotbahnya dalam rilis yang diterima Kompas.com, Paus Fransiskus menyampaikan bagaimana kasih Tuhan bukanlah sikap santai dan sporadis, tetapi berkelanjutan.

Paus menerangkan, tugas seorang Kardinal tidak cukup dengan bebelas kasih, di mana dia menggunakan perumpamaan imam yang sekadar melewati pria sekarat di sisi jalan.

Dia kemudian menyatakan bahwa menjadi Kardinal, berarti individu tersebut harus siap untuk mengaplikasikan belas kasih dalam kesadaran mereka.

"Kesiapsediaan Kardinal untuk memberikan darah mereka, ditandai dengan jubah merah, aman ketika berakar dalam kesadaran belas kasih," ujarnya.

Dalam 13 kardinal baru yang ditunjuk oleh Paus Fransiskus, terdapat Uskup Agung Jakarta Kardinal Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo.

Uskup Agung Suharyo bakal menjadi kardinal ketiga yang dimiliki Gereja Katolik Indonesia, setelah Kardinal Justinus Darmojuwono, dan Kardinal Julius Darmaatmadja.

Kardinal Julius Darmojuwono dilantik pada 1967, di sela pengabdiannya sebagai Uskup Agung Semarang periode 1963 sampai 1981 silam.

Sementara Julius Darmaatmadja yang merupakan pendahulu Mgr Suharyo sebagai Uskup Agung Jakarta periode 1996 sampai 2010, dilantik pada 1994.

Paus Fransiskus mengumumkan Uskup Ignatius Suharyo sebagai kardinal pada 1 September lalu, seusai Doa Malaikat Tuhan (Angelus) pukul 12.00 waktu lokal.

Misa pelantikan itu dihadiri oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin, Menteri ESDM Ignatius Jonan, dan Duta Besar RI untuk Takhta Suci Vatikan Antonius Agus Sriyono.

Nantinya, KBRI untuk Takhta Suci Vatikan bakal digelar oleh Kardinal Ignatius Suharyo bakal digelar pada Selasa (8/10/2019).

Baca juga: Sekilas tentang Kardinal, “Engsel”-nya Sri Paus di Seluruh Dunia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.