Kompas.com - 04/10/2019, 15:47 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump menegaskan, dia punya hak terkait permintaan kepada negara lain untuk menyelidiki calon penantangnya, Joe Biden.

Sejak akhir September, posisi Trump disorot setelah Demokrat menggulirkan penyelidikan pemakzulan terhadap dirinya.

Sebabnya adalah percakapan telepon dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada 25 Juli, di mana Trump meminta Zelensky menyelidiki putra Biden, Hunter.

Baca juga: Terang-terangan Minta China Selidiki Joe Biden, Trump Dinilai Langgar Sumpah Jabatan

Joe Biden yang merupakan mantan Wakil Presiden periode 2009-2017, dan merupakan calon penantang terkuat Trump dalam Pilpres AS 2020 mendatang.

"Sebagai presiden AS, saya mempunyai, atau mungkin tugas, untuk menginvestigasi, dan diinvestigasi, soal KORUPSI," tegas Trump dalam kicauannya di Twitter.

"Dan (hak) itu termasuk di antaranya adalah meminta, atau menyarankan negara lain membantu kami!" tegas presiden dari Partai Republik itu.

Dalam lanjutan kicauannya, Trump menyatakan dia tidak melakukannya karena kampanye. Melainkan korupsi yang tengah terjadi dalam skala besar.

Hunter Biden duduk sebagai direksi perusahaan gas bernama Burisma, ketika ayahnya menjabat sebagai wakil Presiden Barack Obama.

Selain dengan Ukraina, Trump juga terang-terangan meminta China supaya menggelar penyelidikan atas mantan Senator Delaware tersebut.

Presiden berusia 73 tahun itu mengatakan, pemerintah China perlu untuk menyoroti sebuah pendanaan privat di mana Hunter Biden terlibat.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Twitter
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.