Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Austria Coba Bunuh Mantan Istrinya Pakai Paket Bom Rakitan

Kompas.com - 03/10/2019, 22:57 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

GUTTARING, KOMPAS.com - Seorang pria Austria berusia 28 tahun ditahan dengan tuduhan melakukan percobaan pembunuhan terhadap mantan istrinya menggunakan paket bom rakitan.

Korban yang berusia 27 tahun, seorang ibu dari tiga anak, harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit akibat luka bakar serius setelah sebuah paket bom meledak di depan wajahnya.

Insiden percobaan pembunuhan dengan paket bom rakitan itu terjadi apartemen korban di kota Guttaring, negara bagian Carinthia, di Austria selatan, pada Selasa (1/10/2019).

Korban mengalami luka bakar setelah mengambil paket yang dikirimkan ke kediamannya.

Baca juga: Bom Rakitan Meledak di Kantor Polisi China, 3 Orang Terluka

Dilansir AFP, berdasarkan laporan pihak kepolisian, korban yang mengalami luka bakar tingkat tiga dan dua pada 40 persen tubuhnya, telah menjalani dua kali operasi.

Pihak kepolisian setempat mengumumkan pada Kamis (3/10/2019), telah menahan mantan suami korban, yang diduga kuat sebagai pelaku percobaan pembunuhan, dengan dibantu seorang kaki tangan.

Kaki tangan yang membantu tersangka, yang berusia 29 tahun, diketahui adalah anggota militer. Dia bertugas mengantarkan paket bom rakitan ke rumah korban, menekan bel, dan langsung melarikan diri.

Sementara tersangka utama, mantan suami korban, yang juga bekas anggota militer, bersembunyi di dekat lokasi dan meledakkan paket bom dari jarak jauh, menurut laporan polisi.

Baca juga: Bom Rakitan Meledak di India, Bocah Usia 8 Tahun Tewas

Tersangka ditahan pada hari yang sama dengan saat insiden terjadi, sementara kaki tangannya baru ditangkap dua hari berselang.

Polisi mengatakan bahwa para pelaku telah menguji coba bahan peledak buatan sendiri itu selama musim panas, meledakkannya di hutan, setelah membeli komponennya secara online.

Penyelidikan masih dilakukan untuk mengetahui alasan tersangka mencoba membunuh mantan istrinya itu.

Dilansir AFP, tercatat sepanjang tahun lalu ada 73 korban pembunuhan di Austria, dengan 41 di antaranya adalah wanita, menurut data kementerian dalam negeri negara itu.

Separuh dari kasus pembunuhan selama 2018 tercatat dilakukan oleh anggota keluarga korban.

Baca juga: Sebuah Bom Rakitan Ditemukan di Dalam Mobil di Brisbane

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com