Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Regu Pembunuh Jurnalis Saudi Jamal Khashoggi Bercanda Cara Memutilasi Tubuhnya

Kompas.com - 02/10/2019, 12:55 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

LONDON, KOMPAS.com - Fakta mengerikan tersaji dalam rekaman pembunuhan jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi yang terjadi tepat setahun lalu.

Regu pembunuh Khashoggi terekam bercanda tentang bagaimana cara memutilasi tubuh Khashoggi sebelum dia datang pada 2 Oktober 2018.

Helena Kennedy, pengacara asal Inggris yang membantu penyelidikan berkata, dalam rekaman dia mendengar mereka menyebut Jamal Khashoggi sebagai "hewan kurban".

Baca juga: Setahun Berlalu, Kasus Pembunuhan Khashoggi Masih Diselimuti Misteri

"Ada diskusi seperti 'apakah tubuh dan pinggangnya bakal masuk ke kantong?'," ujar Kennedy kepada program BBC Panorama, dikutip AFP Selasa (1/10/2019).

Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman awalnya mendapat pujian dari dunia karena dipandang sebagai pemimpin reformis dengan visi baru untuk negaranya.

Namun sejak pembunuhan di konsulat Istanbul, Turki, dia mendapat sorotan negatif karena dianggap terlibat dalam kasus tersebut.

Kennedy menceritakan, salah satu dari regu pembunuh yang merupakan dokter forensik patologis Salah al-Tubaigy sempat membahas dia belum pernah memotong jenazah yang baru meninggal.

"Bahkan ketika Anda adalah tukang jagal, Anda akan menggantung hewan yang hendak Anda potong," ujar Tubaigy dalam rekaman itu.

Tubaigy juga mengatakan dia selama ini hanya berhadapan dengan kadaver, dan bekerja sambil ditemani musik, rokok, serta kopi.

"Mereka membahas soal Khashoggi dan bertanya 'Apakah hewan kurban itu sudah datang? Anda kemudian bisa mendengar mereka tertawa. Sangat mengerikan," ujarnya.

Turki menyerahkan rekaman penyadapan berdurasi 45 menit kepada PBB supaya mereka menginvestigasi pembunuhan jurnalis 59 tahun itu.

Khashoggi mengunjungi konsulat Istanbul supaya bisa mengurus dokumen pernikahan dengan tunangannya, Hatice Cengiz. Namun tak keluar sejak saat itu.

Kennedy menjelaskan, dia bisa mendengar suara Khashoggi yang awalnya begitu percaya diri berubah karena merasa ada bahaya mendekat.

Penyelidik PBB Agnes Callamard yang juga mendengar rekaman itu mendengar Khashoggi sempat bertanya apakah regu pembunuh bakal memberi suntikan.

"Ya," jawab mereka. Setelah itu suara berubah yang mengindikasikan bahwa Khashoggi dicekik menggunakan kantong plastik.

Kennedy melanjutkan, ada suara yang menyatakan bahwa Khashoggi adalah anjing, jadi kepalanya harus ditutupi dengan kantong plastik.

Baca juga: Putra Khashoggi Bela Kerajaan Arab Saudi dalam Kasus Pembunuhan Sang Ayah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com