Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Utara Tembakkan "Proyektil" Sehari Setelah Mengaku Siap Dialog dengan AS

Kompas.com - 02/10/2019, 07:57 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Utara (Korut) menembakkan "proyektil" ke laut sehari setelah mereka menyatakan siap berdialog dengan Amerika Serikat (AS).

Kantor Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (Korsel) menyatakan, "proyektil" itu ditembakkan dari Wonsan menuju ke Laut Timur (Laut Jepang).

Baca juga: Setelah Menawarkan Bertemu AS, Korea Utara Tembakkan Proyektil

"Militer kami bakal terus memantau peluncuran dan mempertahankan kesiapan kami," tegas Korsel dikutip kantor berita AFP Rabu (2/10/2019).

Juru bicara pemerintah Jepang Yoshihide Suga mengatakan, salah satu proyektil yang ditembakkan Korea Utara memasuki Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) mereka.

"Sekitar pukul 07.10, dua proyektil ditembakkan dari kawasan pesisir timur Korut, dengan salah satunya jatuh dekat perairan ZEE kami," ucap Suga.

Kabar itu terjadi sehari setelah Wakil Menteri Luar Negeri Korut Choe Son Hui berujar Pyongyang sepakat untuk berdialog dengan AS.

Dia mengatakan dua negara setuju menggelar "kontak awal" pada Jumat (4/10/2019), dengan perundingan dihelat keesokan harinya.

Keterangan itu dibenarkan juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Morgan Ortagus, di mana dia menuturkan dialog itu terjadi "pekan mendatang".

Negosiasi denuklirisasi Korea Utara dan AS buntu setelah pertemuan kedua Presiden Donald Trump dan Pemimpin Kim Jong Un di Vietnam Februari lalu.

Keduanya kemudian sepakat melanjutkan perundingan setelah bertemu di Panmunjom, Zona Demiliterisasi, pada akhir Juni lalu.

Tetapi, Korut marah karena Washington tidak menghentikan latihan perang dengan Korsel yang mereka anggap bentuk persiapan invasi.

Baca juga: Korea Utara Ragu jika Bertemu Lagi dengan AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com