Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Jatuhkan Hukuman Mati untuk Seorang Mata-mata CIA

Kompas.com - 01/10/2019, 18:10 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Reuters

TEHERAN, KOMPAS.com - Pengadilan Iran telah menjatuhkan hukuman mati untuk seorang yang dianggap bersalah karena telah bekerja sebagai mata-mata badan intelijen AS.

Pengadilan juga menjatuhkan hukuman penjara 10 tahun kepada tiga orang lain yang didakwa bekerja untuk mata-mata asing. Dia di antaranya disebut bekerja untuk CIA, sementara seorang lainnya menjadi mata-mata Inggris.

Vonis pengadilan pada Selasa (1/10/2019) itu muncul di tengah ketegangan yang meningkat antara Teheran dengan AS, sejak Presiden Donald Trump menarik Washington dari Kesepakatan Nuklir 2015 tahun lalu.

Baca juga: Iran Klaim Bongkar Jaringan CIA dan Hukum Mati Terduga Mata-mata

Belum dapat dipastikan apakah empat orang yang divonis pengadilan tersebut ada kaitannya dengan klaim Iran di bulan Juli yang menangkap 17 mata-mata yang bekerja untuk CIA.

"Satu orang telah dijatuhi hukuman mati karena bertindak sebagai mata-mata untuk dinas intelijen Amerika, namun putusan itu telah dibanding," kata juru bicara pengadilan Iran, Gholamhossein Esmaili, dikutip AFP.

Sementara dua orang yang dijatuhi hukuman 10 tahun penjara telah diidentifikasi sebagai Ali Nefriyeh dan Mohammad Ali Babapour.

Selain hukuman penjara, keduanya juga diperintahkan untuk membayarkan uang 55.000 dollar AS yang telah mereka terima, menurut dokumen putusan pengadilan.

Baca juga: Iran Ungkap Jaringan Mata-mata CIA Berkat Bantuan Negara Asing

Sedangkan satu orang lain yang dijatuhi vonis 10 tahun penjara karena menjadi mata-mata Inggris diidentifikasi sebagai Mohammad Amin-Nasab.

Sebelumnya diberitakan, pada Juli lalu, Iran mengklaim telah membongkar jaringan CIA dan menjatuhkan hukuman mati bagi para terduga mata-mata tersebut.

Dalam pemberitaan kantor berita Fars, Kementerian Intelijen Iran mengklaim menangkap 17 orang mata-mata yang bekerja untuk badan intelijen AS.

Namun klaim Iran atas penangkapan agen mata-mata AS itu dibantah Trump.

Baca juga: Trump: Klaim Iran Tangkap Agen Rahasia CIA Benar-benar Ngawur

"Laporan Iran sudah menangkap agen rahasia CIA benar-benar ngawur. Sama sekali tak ada kebenarannya," ujar presiden dari Partai Republik tersebut.

Presiden 73 tahun itu mengatakan bahwa Iran sekali lagi menebarkan kebohongan dan propaganda seperti klaim bahwa mereka sudah menjatuhkan drone pengintai AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com