Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Dapat F-35 AS, Erdogan Ingin Turki Bangun Jet Tempur Sendiri

Kompas.com - 30/09/2019, 15:03 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Ahval News

ANKARA, KOMPAS.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan, negaranya ingin membangun jet tempur sendiri demi mandiri di sektor pertahanan 2023 mendatang.

Pernyataan itu dia ucapkan setelah Ankara tidak mendapatkan F-35 dari Amerika Serikat (AS), buntut pembelian sistem rudal Rusia S-400.

Baca juga: Abaikan Sanksi AS, Erdogan: Turki Akan Tetap Beli Minyak dari Iran

"Kami akan membangun jet tempur kami sendiri seperti kami membangun drone, maupun helikopter tempur," tegas Erdogan kepada harian pro-pemerintah A Haber.

"Mereka telah membangunkan raksasa tidur. Maka mereka akan menanggung konsekuensinya," lanjutnya dalam kutipan yang dipublikasikan Ahval Minggu (20/9/2019).

AS bersikukuh bahwa jet tempur F-35 tidak akan bisa berdampingan dengan sistem rudal S-400 yang dituding sebagai wadah intelijen Rusia.

Pada Juli lalu, Washington secara resmi mengeluarkan Turki dari program senjata yang diklaim termahal dalam sejarah Negeri "Uncle Sam" itu.

"AS dan mitra F-35 lainnya selaras dengan keputusan untuk menangguhkan Turki dari program dan memulai proses untuk mengeluarkan mereka," jelas wakil Pentagon, Ellen Lord.

Erdogan kemudian melirik jet tempur produk Sukhoi, Su-35 dan Su-57, demikian keterangan sumber diplomatik Rusia pada September ini.

Sinyal itu menguat setelah Erdogan hadir dalam pameran kedirgantaraan internasional MAKS-2019 bersama Presiden Vladimir Putin.

"Mengapa tidak? Kami tak datang kemari hanya untuk membuang waktu," ujar Erdogan saat ditanya apakah Su-35 dan Su-57 merupakan alternatif bagi F-35.

Kepada awak media dalam perjalanan pulang kembali ke Ankara dari Moskwa, dia menerangkan bakal mendengar dahulu keputusan final AS soal jet tempur F-35.

"Setelah itu kami akan mengambil sikap. Pasar bisa membantu kami untuk memenuhi kebutuhan kami dalam skala luas," papar presiden berusia 65 tahun itu.

Sementara Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu mengatakan mereka bakal mencari alternatif lain jika ditendang dari jet tempur F-35.

Baca juga: Ditanya Bakal Beli Jet Tempur Rusia Setelah Dikeluarkan AS dari F-35, Erdogan: Mengapa Tidak?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Ahval News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com