Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putra Mahkota Saudi Bertanggung Jawab atas Pembunuhan Jurnalis Jamal Khashoggi, tapi...

Kompas.com - 30/09/2019, 14:45 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Sky News,AFP

RIYADH, KOMPAS.com - Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, menyatakan dia bertanggung jawab dalam pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Tetapi, dia membantah memerintahkan untuk melenyapkan kontributor The Washington Post yang dibunuh ketika sedang mengurus dokumen pernikahan itu.

Dalam wawancara dengan program CBS 60 Minutes, putra mahkota berjuluk MBS itu menyebut pembunuhan Jamal Khashoggi sebagai "kejahatan keji".

Baca juga: Putra Mahkota Saudi Pikul Tanggung Jawab dalam Pembunuhan Khashoggi

"Tetapi saya selaku pemimpin Saudi bertanggung jawab penuh. Terutama karena pelakunya dilakukan orang yang bekerja di pemerintahan kami," tegasnya.

Saat ditanyakan apakah dia yang menyuruh untuk membunuh jurnalis 59 tahun itu, dengan tegas MBS membantahnya, dikutip Sky News dan AFP Senin (30/9/2019).

Khashoggi dibunuh ketika memasuki kantor Konsulat Saudi di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober 2018. Hingga saat ini, jenazahnya belum ditemukan.

Putra Mahkota berusia 34 tahun itu mendapat tekanan internasional setelah media Turki merilis berbagai rekaman hingga foto berkaitan dengan kasus itu.

Laporan dari penyidik PBB menyatakan bahwa MBS bertanggung jawab penuh atas pembunuhan itu, dan perannya seharusnya juga diselidiki.

Tak hanya penyidik PBB. Baik Kongres hingga intelijen Amerika Serikat (AS) juga mengambil kesimpulan bahwa MBS bertanggung jawab.

Riyadh berulang kali membantah MBS terlibat dengan pembunuhan Jamal Khashoggi yang dulunya dikenal dekat dengan anggoya kerajaan.

Saudi menyatakan pembunuhan yang dikabarkan dilakukan oleh tim beranggotakan 15 orang itu merupakan operasi dari tim yang tidak jelas.

MBS menjelaskan, mustahil baginya untuk mengetahui atau mencerna laporan dari tiga juta pegawai pemerintah negara kaya minyak itu.

Riyadh sudah mengklaim bahwa 11 orang telah disidang, dengan lima di antaranya dijatuhi hukuman mati karena dianggap terlibat langsung.

Baca juga: Arab Saudi Jual Bangunan yang Dipakai Membunuh Jurnalis Jamal Khashoggi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky News,AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com