Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Pikap Angkut Mahasiswa Terbalik, 13 Orang Tewas

Kompas.com - 29/09/2019, 23:33 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

BANGKOK, KOMPAS.com - Kecelakaan tunggal terjadi pada sebuah truk pikap yang membawa belasan penumpang di bagian belakang kendaraan itu.

Truk pikap penuh penumpang itu terbalik saat mencoba berpindah jalur saat melintasi jalanan di pinggiran kota Bangkok, Thailand, pada Minggu (29/9/2019).

Sebuah tayangan rekaman CCTV memperlihatkan bagaimana penumpang yang ada di bagian bak terbuka di belakang truk pikap tersebut terlempar keluar saat kendaraan terbalik.

"Sebanyak 12 orang tewas seketika di lokasi kejadian, sementara seorang lainnya meninggal di rumah sakit," kata perwira polisi Samran Chaytao kepada AFP.

Baca juga: Kelebihan Muatan, Bus Berpenumpang 29 Orang Terbalik

Dia menambahkan bahwa sembilan di antara korban tewas adalah mahasiswa yang baru saja kembali usai merampungkan kegiatan pelatihan mekanik di sebuah perusahaan lokal.

Disampaikan Samran, truk tersebut membawa total sebanyak 18 penumpang.

Mereka adalah para pekerja perusahaan bersama mahasiswa yang baru pulang dari acara perayaan berakhirnya masa pelatihan para mahasiswa tersebut.

Dua dari lima korban selamat dilaporkan mengalami cedera parah.

Kecelakaan lalu lintas yang mematikan kerap terjadi di Thailand, menempatkan negara itu pada puncak daftar negara dengan tingkat kecelakaan mematikan tertinggi di dunia.

Baca juga: Truk Pengangkut Bir Terbalik, 80.000 Kaleng Bir Jadi Jarahan Warga

Kecelakaan lalu lintas kerap terjadi akibat pengguna jalan yang melebihi kecepatan, maupun mengemudi dalam keadaan mabuk. Selain itu lemahnya penegakan hukum juga turut berkontribusi.

Meskipun banyak dari korban kecelakaan lalu lintas adalah pengendara sepeda motor, tabrakan bus yang melibatkan kelompok wisatawan dan buruh migran sering menjadi berita utama.

Maret tahun lalu, sedikitnya 18 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka, setelah sebuah bus yang membawa wisatawan kembali dari liburan di timur laut Thailand keluar jalur dan menabrak pohon.

Data terbaru Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menempatkan Thailand dengan 32,7 kematian di jalan per 100.000 orang, dibandingkan dengan 12,4 di Amerika Serikat.

Baca juga: Hilang Kendali, Mobil Pikap Tabrak Pagar Jembatan dan Masuk Sungai

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com