Trump Sebut "Whistleblower" Tak Berbeda dengan Mata-mata atau Pengkhianat

Kompas.com - 27/09/2019, 19:58 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyamakan "whistleblower" yang mengajukan keluhan terhadap dirinya, dengan mata-mata atau pengkhianat.

Identitas sesungguhnya dari sosok whistleblower yang pertama kali melaporkan pembicaraan telepon antara Trump dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky hingga kini belum terungkap.

Meski ada laporan dan kabar yang menyebut sosok pengadu itu adalah anggota Badan Intelijen Pusat atau CIA.

Presiden dan bahkan kepala intelijennya juga mengaku bahwa mereka tidak mengetahui siapa sosok whistleblower yang telah membuat Trump terancam dimakzulkan dari kursi presiden.

Baca juga: Sosok Pelapor Percakapan Telepon Trump dan Presiden Ukraina adalah Pejabat CIA?

"Saya tidak tahu identitas whistleblower. Saya hanya mendengar bahwa dia adalah sosok partisan."

"Saya ingin tahu siapa sosok ini, dan siapa yang sudah membocorkan informasi kepada kepadanya," ujar Trump dalam pertemuan tertutup di PBB, Kamis (26/9/2019).

Selain itu, Trump disebut juga menyamakan sosok whistleblower dengan seseorang yang hampir menjadi mata-mata atau pengkhianat.

"Mereka hampir menjadi mata-mata. Anda tahu apa yang biasa kita lakukan di masa lalu saat kita pintar? Benar? Mata-mata dan pengkhianatan, kita menanganinya dengan sedikit berbeda dari yang kita lakukan sekarang," ujar Trump menurut laporan Los Angeles Times, yang menyiratkan soal eksekusi.

Komentar bernada intimidasi Trump tersebut ternyata memicu kecaman yang datang dari tiga ketua komite DPR AS.

Baca juga: Ada Isu Trump Bakal Dimakzulkan, Apa Dampaknya ke Ekonomi Indonesia?

Raja Kirshnamoorthi mengatakan, seharusnya si pelapor bisa segera menyampaikannya kepada Komite Intelijen DPR AS "sedini mungkin".

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.