Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Presiden Perancis Jacques Chirac Meninggal di Usia 86 Tahun

Kompas.com - 26/09/2019, 17:58 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

PARIS, KOMPAS.com - Kabar duka datang dari Perancis, di mana mantan Presiden Jacques Chirac meninggal di usia 86 tahun pada Kamis (26/9/2019).

"Presiden Jacques Chirac meninggal pagi ini dengan tenang, dikelilingi oleh keluarganya," ujar sang menantu, Frederic Salat-Baroux.

Baca juga: Presiden Perancis Marah karena Presiden Brasil Hina Sang Istri

Dilaporkan AFP, kematian Chirac mengejutkan Presiden Komisi Eropa sekaligus eks Perdana Menteri Luksembourg, Jean-Claude Juncker.

Melalui juru bicara Mina Andreeva, Juncker ingin menyampaikan penghormatan atas kerja keras dan warisannya bagi Perancis maupun Eropa.

"Eropa tak hanya kehilangan negarawan besar. Namun Presiden Juncker juga kehilangan teman baiknya," ujar Andreeva dalam keterangan tertulis.

Jacques Chirac menjadi presiden pada 1995, dan kemudian terpilih dua kali hingga dia mengakhiri jabatannya pada 2002 silam.

Berkuasa selama 12 tahun di Champs Elysees, dia merupakan Presiden Perancis dengan masa jabatan terlama kedua pasca-perang setelah Francois Mitterrand.

Di kancah internasional, salah satu momen bersejarah Chirac adalah ketika dia marah dan menentang AS soal kebijakan Perang Irak 2003.

Merupakan sosok konservatif, Chirac juga pernah menjabat sebagai perdana menteri (1974-1976 dan 1986-1988), serta Wali Kota Paris (1977-1995).

Imunitas yang diterimanya sebagai kepala negara runtuh ketika dia tersandung dugaan penggelapan dan penyalahgunaan dana publik.

Setelah turun dari kekuasaan, Jacques jarang tampil di depan publik, dan dilaporkan bergelut dengan kesehatan yang menurun.

Baca juga: Presiden Perancis Undang Menlu Iran ke KTT G7, Trump Kaget

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com