Kompas.com - 23/09/2019, 14:56 WIB

HONG KONG, KOMPAS.com - Unjuk rasa yang berlangsung di Hong Kong pada akhir pekan lalu kembali ricuh, dengan ada pendemo yang menginjak bendera China.

Di tengah krisis yang berlangsung selama 16 pekan beruntun, pengunjuk rasa melakukan vandalisme di kereta hingga mebakar jalanan Minggu (22/9/2019).

Baca juga: Dikepung Demonstran, Menteri Hong Kong Terjebak Dalam Mobil selama 20 Menit

Di stasiun kereta Sha Tin, kamera pengawas maupun mesin sensor tiket dirusak hingga dicoret. Selain itu layar di mesin tiket juga dihancurkan.

Kebanyakan dari para pendemo Hong Kong menggunakan payung untuk menutupi identitas mereka. Seorang pria pendukung China dilaporkan dihajar setelah sebelumya memukul pengunjuk rasa.

Polisi kemudian merespons dengan menembakkan gas air mata ke arah peserta unjuk rasa dan berusaha membubarkan kerumunan yang melakukan pergerakan.

Setelah itu aparat mulai bergerak. Memaksa sejumlah peserta aksi protes untuk melarikan diri. Beberapa di antatanya tertangkap polisi bersenjata lengkap.

Jurnalis Sky News Tom Cheshire yang berada di dalam mall Sha Tin melaporkan, situasinya sangat kacau karena ada pendemo yang merusak tempat sampah.

Awalnya suasananya damai dengan pengunjuk rasa bernyanyi serta melakukan aksi duduk. Lalu, semua berubah kacau ketika seorang pria bersimbah darah karena dihajar.

"Sekelompok orang mengelilinginya dan melihat ketika dia bersimbah darah. Tak lama ada pengunjuk rasa bertindak sebagai medis datang membantu," ujar Cheshire.

Pendemo garis keras Hong Kong mengatakan, kekersan itu diperlukan supaya perhatian pemerintah. Mereka mendsak Kepala Eksekutif Carrie Lam mundur.

Halaman:
Sumber Sky News


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.