Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Perwakilan Indonesia Terpilih Jadi Wapres Majelis Umum PBB

Kompas.com - 19/09/2019, 09:20 WIB
Anissa DW,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Duta besar dan wakil tetap Indonesia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Dian Triansyah Djani terpilih menjadi Wakil Presiden (Waprrs) Majelis Umum (MU) PBB.

“Indonesia kembali dipercaya oleh komunitas internasional di forum PBB sebagai Wakil Presiden MU PBB ke-74, periode 2019-2020,” ujar Djani di Markas Besar PBB di New York, Amerika Serikat, Rabu (18/9/2019).

Dubes Djani terpilih, pada Selasa (4/6/2019) lalu secara aklamasi dan mulai bertugas secara efektif pada Selasa (17/9/2019).

Salah satu tugas pertama Dubes Djani sebagai Wapres MU PBB ke-74 adalah berpartisipasi di pertemuan perdana General Committee MU PBB ke-74 di markas besar PBB, Rabu (18/9/2019).

Baca juga: Peran Aktif Indonesia di PBB Buahkan Konsensus untuk Afghanistan

Pertemuan General Committee itu dipimpin langsung oleh Presiden MU ke-74, Duta Besar Nigeria Tijjani Muhammad-Bande. Acaranya membahas penetapan berbagai agenda yang akan dirundingkan di sidang komite dan pleno MU PBB selama satu tahun ke depan.

Dalam Sidang Majelis Umum (SMU) PBB ke-74, Muhammad-Bande akan berfokus pada implementasi agenda 2030, yakni pembangunan berkelanjutan.

Dia pun akan memprioritaskan beberapa mandat PBB, khususnya di bidang perdamaian dan keamanan, penanggulangan kemiskinan dan kelaparan, peningkatan pendidikan berkualitas, serta penanganan perubahan iklim.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (19/9/2019) dijelaskan, hal lain yang turut menjadi prioritas adalah mempersiapkan peringatan 75 tahun berdirinya PBB pada tahun 2020.

Baca juga: PBB Turun Tangan, Desak Indonesia Bebaskan Veronica Koman

Sementara itu, sebagai Wapres SMU PBB, Dubes Djani bertugas untuk mendukung tugas dan mandat Presiden SMU ke-74 dalam memimpin salah satu organisasi utama PBB tersebut. Selain itu, Djani bertugas menjalankan dan menerjemahkan visi–misi Presiden MU PBB.

Untuk diketahui, anggota General Committee SMU PBB ke-74 bersifat terbatas. Anggotanya terdiri dari 27 orang, yang terdiri dari Presiden dan 21 Wakil Presiden SMU PBB, serta 6 Ketua Komite Utama PBB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com