Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Jual Bangunan yang Dipakai Membunuh Jurnalis Jamal Khashoggi

Kompas.com - 18/09/2019, 16:56 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Al Jazeera

ISTANBUL, KOMPAS.com - Arab Saudi dilaporkan menjual bangunan di kawasan konsulat di Istanbul, Turki, yang menjadi tempat jurnalis Jamal Khashoggi dibunuh.

Berdasarkan pemberitaan media lokal Habeturk TV, gedung di kawasan Levent itu sudah terjual lebih dari sebulan lalu dengan harga sepertiganya.

Baca juga: Beginilah Detil Saat-saat Terakhir Jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi Sebelum Dibunuh

"Bangunan baru bagi konsulat Arab Saudi sudah dibeli di Distrik Sariyer, kawasan yang juga lokasi konsulat AS," ulas Habeturk TV dikutip Al Jazeera Rabu (18/9/2019).

Dilaporkan bahwa otoritas Saudi membutuhkan persetujuan dari kementerian luar negeri Turki sebelum pembelian bangunan itu bisa dilanjutkan.

Tetapi, sumber di dalam kementerian kepada Middle East Eye menerangkan, Ankara sama sekali tidak mendapat informasi adanya rencana tersebut.

Jamal Khashoggi, kontributor The Washington Post yang tinggal di AS, dibunuh ketika mengurus dokumen pernikahan pada 2 Oktober 2018 lalu.

Sejumlah media setempat kemudian memberitakan jenazah jurnalis 59 tahun itu kemudian dimutilasi, dan dilenyapkan menggunakan cairan asam.

Sumber mengungkapkan terdapat bukti yang memperlihatkan sisa jenazah Khashoggi disembunyikan di taman kediaman konsul jenderal, sekitar 300 meter dari konsulat.

Dalam pemberitaan Habeturk TV, tim keamanan Saudi yang berkunjung ke Turki setelah pembunuhan Khashoggi sudah mempersiapkan laporan teknis.

Dalam laporan itu, dikatakan bahwa mereka tidak menemukan serangga yang ada di dalam gedung. Karenanya, mereka butuh bangunan yang baru.

"Saudi juga berusaha untuk menjual kediaman resmi konsul jenderal yang terletak tidak jauh. Tapi mereka masih belum menemukan pembeli," ulas Habeturk TV.

Riyadh berulang kali membantah menjadi dalang, dengan menyebut Jamal Khashoggi dibunuh melalui operasi liar, dan sudah menyidang 11 terduga pelaku.

Baca juga: Media Turki Rilis Kalimat Terakhir Jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi Sebelum Dibunuh

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Jazeera
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com