Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemuda Ini Tolak Hadiah Usai Kembalikan Dompet Berisi Uang Rp 31 Juta

Kompas.com - 17/09/2019, 18:12 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber BBC

ROMA, KOMPAS.com - Seorang pemuda asal Bangladesh menuai pujian usai tindakannya mengembalikan dompet penuh berisi uang yang ditemukannya di jalanan kota Roma.

Mossan Rasal, yang berusia 23 tahun, mengantarkan dompet berisi uang tunai 2.000 euro (sekitar Rp 31 juta) ke kantor polisi, setelah menemukan tergeletak di trotoar pada Jumat (13/9/2019) pekan lalu.

Pihak kepolisian lantas mengatur pertemuan dengan pemilik dompet agar dapat mengambil kembali dompet tersebut dari Rasal, demikian diberitakan BBC.

Baca juga: Komplotan Wanita Pencopet Terekam saat Mencuri Dompet dari Turis Thailand

Tak hanya telah berbuat jujur dengan mengembalikan dompet yang ditemukannya, Rasal yang merupakan warga negara Bangladesh itu, juga menolak pemberian hadiah dari pemilik dompet.

"Saya tidak melakukan sesuatu yang luar biasa. Uang itu bukan milik saya," ujar Rasal kepada surat kabar harian Italia, La Repubblica, Minggu (15/9/2019).

"Saya bahkan tidak tahu berapa jumlah uang di dalam dompet karena saya tidak menghitungnya. Saya hanya membawa semuanya ke kantor polisi," tambah Rasal.

"Ini adalah tentang bersikap jujur, seperti yang diajarkan oleh keluarga saya," lanjut pemuda yang telah tinggal di kota Roma selama tujuh tahun terakhir itu.

Baca juga: Lupa Bawa Dompet, Belanjaan Seorang Ibu Dibayari PM Selandia Baru

Menurut pihak polisi, selain uang tunai, dompet tersebut juga berisi beberapa kartu kredit, SIM, serta kartu identitas pemilik dompet.

Meski tidak menolak pemberian hadian dari pemilik dompet, namun bukan berarti Rasal tidak mengharapkan sesuatu.

Pemuda yang memiliki dan mengelola sebuah kios kecil di pusat kota Roma itu mengharap agar pemilik dompet bisa berkunjung dan menjadi pelanggan tetap kiosnya.

Kisah serupa pernah terjadi sebelumnya di Santa Barbara, California, pada 2018 lalu.

Seorang remaja berusia 16 tahun bernama Rhami Zeini, menuai pujian atas tindakannya mengembalikan dompet berisi uang 10.000 dolar AS (sekitar Rp 148 juta) yang ditemukannya.

Baca juga: Remaja Ini Kembalikan Dompet Berisi Uang Rp 148 Juta yang Ditemukannya

Rhami menemukan dompet itu tergeletak di tengah jalan saat sedang dalam perjalanan pulang dari sekolah.

Polisi telah berhasil menemukan pemilik dompet dan menyerahkan dompet itu.

Sebagai ucapan terima kasih dia memberikan selembar uang 100 dolar (sekitar 1,4 juta) untuk Zeini sebagai ucapan terima kasih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com