Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Meksiko Temukan 44 Jenazah Dimutilasi di 119 Kantong Sampah

Kompas.com - 16/09/2019, 19:19 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Polisi di Meksiko terkejut ketika mendapat terdapat 44 jenazah yang dimutilasi dan disembunyikan di 119 kantong sampah.

Penemuan itu berawal ketika warga setempat mengeluhkan bau tidak enak yang berasal dari sebuah sumur yang berlokasi di Negara Bagian Jalisco.

Baca juga: Cerita Polisi Saat Pertama Kali Melihat Kondisi Fera yang Dimutilasi Prada DP

Dilaporkan Daily Mirror Minggu (15/9/2019), laporan itu sampai kepada polisi yang melakukan penyelidikan. Hasilnya, mereka menemukan sebuah kuburan massal.

Dari kuburan itu, penegak hukum menyatakan mereka menemukan adanya 44 jenazah yang sudah dimutilasi tersimpan dalam 119 kantong sampah warna hitam.

Jalisco di tengah Meksiko merupakan satu dari tempat dengan kekerasan geng narkoba terparah, dan salah satu lokasi dengan banyak penemuan jenazah.

Berdasarkan pemberitaan BBC, kebanyakan dari jenazah itu terpotong-potong sehingga polisi harus menyatukannya supaya bisa mengidentifikasi mereka.

Organisasi lokal yang berfokus pada orang hilang menawarkan bantuan ke pemerintah dengan mengirim tim khusus untuk identifikasi jenazah.

Organisasi itu menyatakan departemen forensik setempat tidak mampu dan tidak mempunyai kemampuan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan operasi.

Selama beberapa hari, dilaporkan adanya "wabah lalat" di sekitar sumur, dengan baunya makin menyengat terutama ketika hujan turun September lalu.

Media lokal memberitakan juru bicara pemerintah menuturkan bahwa kebanyakan jenazah yang dimutilasi mempunyai rekam jejak kriminal.

Sumur itu berlokasi sekitar 35 menit dari Guadalajara yang menjadi ibu kota Jalisco, kawasan yang sepanjang tahun ini ditemukan 15 kuburan massal.

Agustus lalu, salah satu kartel narkoba bernama Kartel Generasi Baru Jalisco (CJNG) merilis gambar memilukan di mana mereka menginterogasi dan menyiksa anggota rival.

Dikatakan korbannya bernama Aldolfo Mendoza Valencia atau Ël Michoacano", pemimpin geng Santa Rosa de Lima di Valle de Santiago.

Baca juga: Bekerja Sama dengan Kartel Narkoba, Capres Guatemala Ini Ditangkap AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com