Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/09/2019, 15:23 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Instagram

CHICAGO, KOMPAS.com - Seorang artis Indonesia bernama Tiga Setia Gara menjadi viral setelah menangis karena disiksa oleh sang suami di Amerika Serikat (AS).

Dalam unggahan di Instagram Story, Tiga menceritakan bagaimana suaminya yang bernama James melakukan penyiksaan hingga dia terluka di bagian lutut.

Dia mengaku menutupi penyiksaan karena ingin melindungi si suami. Tapi ketika mereka bertengkar kembali, Tiga Setia Gara menelepon layanan darurat 911.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Petaka di Stadion Teladan Medan Saat Konser Artis Cilik, 9 Anak Tewas

Namun ketika dia melaporkannya ke polisi, penegak hukum dia sebut sarkastik karena menuduhnya pembohong dan menyebutnya berasal dari Asia.

"Yang nonton video gue, tolong pulangin gue. Gue harus ke mana. Gue udah nggak kuat. Gue mau pulang ke Indonesia," pinta Tiga sambil menangis dalam unggahannya.

Dia kemudian meminta tolong bagi siapa pun yang melihat unggahannya untuk menelepon Kedutaan Besar Indonesia di AS karena dia tak tahu caranya.

Dalam serangkaian Instagram Story, artis yang menyanyikan lagu berjudul Jalang itu mengatakan dia tinggal di sebuah hotel di Ohio.

Dia mengungkapkan sudah satu tahun menahan segala penyiksaan yang dilakukan suaminya, dan terpaksa berbohong kepada keluarga maupun follower di Instagram.

Merespons permintaan dari Tiga Setia Gara, KJRI Chicago kemudian merilis pernyataan bahwa mereka sudah mencoba menghubungi artis itu.

KJRI Chicago mengatakan, lokasi Tiga berada di kota Dayton, di mana Tiga menyatakan dia sangat berterima kasih atas perhatian yang luar biasa dari publik.

"Telah kami sarankan untuk menghubungi YWCA Domestic Violence center in Dayton. yang bersangkutan masih mempertimbangkan karena masih menenangkan diri," ujar KJRI.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Update 16/9/19, 01:35 dini hari waktu Chicago 1. KJRI Chicago telah berkomunikasi dengan Ibu Tiga Setia Gara. 2. Lokasi Ibu Tiga Setia Gara telah dapat dipastikan yakni di kota Dayton, Ohio. 3. Sejumlah info yang didapat terkait dgn hal ini adalah: a. Ibu Tiga Setia Gara merasa sangat berterima kasih dengan adanya perhatian yang luar biasa dari masyarakat; b. Telah kami sarankan untuk menghubungi Domestic Violence Center di Ohio. Ibu Tiga Setia Gara masih mempertimbangkan karena masih menenangkan diri; c. Pembicaraan berlangsung singkat dan terputus; 4. Saat ini, KJRI masih menunggu untuk dapat kembali berkomunikasi dengan Ibu Tiga Setia Gara, guna memastikan segala langkah tindak lanjut yang dapat diambil, termasuk pendampingan secara langsung. Hal ini untuk memastikan privasi dan kenyamanan beliau tetap kami hargai. 5. Secara khusus, KJRI Chicago telah meminta sejumlah pihak di Dayton, Ohio untuk memberikan perhatian atas hal ini. 6. KJRI Chicago mengapresiasi perhatian masyarakat dan media yang begitu besar terhadap hal ini. Kami akan memberikan update berkala melalui medsos KJRI dalam kesempatan pertama apabila sudah diperoleh kabar lebih lanjut. #kjrichicago @lambe_turah @kbriwashdc

A post shared by KJRI Chicago (@kjrichicago) on Sep 15, 2019 at 11:37pm PDT

Selain itu, percakapan dengan Tiga Setia Gara hanya berlangsung selama lima menit sebelum terputus, dengan KJRI masih menunggu momen yang tepat.

KJRI Chicago menuturkan mereka masih mencari waktu untuk bisa menghubungi kembali Tiga Setia Gara guna memastikan langkah yang akan ditempuh.

Di antaranya adalah pendampingan secara langsung. Selain itu, pihak konsulat juga meminta kepada sejumlah pihak di Dayton untuk memberi perhatian.

"KJRI Chicago mengapresiasi perhatian masyarakat dan media yang begitu besar terhadap hal ini. Kami akan memberikan update berkala melalui medsos KJRI dalam kesempatan pertama apabila sudah diperoleh kabar lebih lanjut."

Baca juga: Mereka yang Hadiri Prosesi Pemakaman Habibie: Artis, Tetangga, hingga Warga Timor Leste

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Instagram


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com