Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedang Memancing, Pria Ini Dapatkan Ikan Bermata Besar "Mirip Dinosaurus"

Kompas.com - 16/09/2019, 07:35 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

OSLO, KOMPAS.com - Seorang pria di Norwegia mengisahkan bagaimana dia mendapatkan ikan aneh "mirip dinosaurus" dengan mata besar saat memancing.

Oscar Lundahl dilaporkan sampai kaget dan hampir terjengkang dari kapal ketika menemukan ikan dengan mata yang besar dan bulat itu.

Baca juga: Penemuan Terbaru Ungkap Penyebab Punahnya Dinosaurus

Diketahui, ikan mirip dinosaurus itu bernama ratfish, dengan nama Latin chimaeras monstrosa linnaeus, dari karakter mitologi Yunani tentang hewan berkepala singa dan berekor ular.

Dilansir Sky News dan The Sun Minggu (15/9/2019), ikan itu hidup di laut dalam, dan berkerabat dengan hiu yang jika ditarik mundur, sekitar 300 juta tahun silam.

Ratfish diketahui tidak membahayakan manusia, dengan makanan kesukaannya adalah sebangsa crustacea seperti kepiting serta siput laut.

Ikan yang dinamai karena ekornya mirip tikus itu mempunyai mata besar untuk membantunya melihat dalam kegelapan, dengan sistem yang sama seperti kucing.

Lundahl mengungkapkan, awalnya dia ingin mendapatkan halibut biru ketika yang dia tangkap malah ratfish tatkala memancing di Pulau Andoya di utara Norwegia.

Remaja 19 tahun itu menuturkan, dia punya empat kail dengan makarel sebagai umpannya, dan memancing di kedalaman sekitar 800 meter.

Lundahl yang bekerja sebagai pemandu pemancingan itu menjelaskan, dia merasakan jorannya terasa berat, dan butuh waktu 30 menit untuk menariknya.

"Saat saya melihat ada dua halibut di dua mata pancing saya, saya begitu gembira. Namun, saya kemudian melihat sesuatu yang lain," ucapnya.

"Sangat menakjubkan. Saya belum pernah melihat yang seperti ini. Sangat aneh. Seperti dinosaurus. Kolega saya tahu apa ikan itu," katanya.

Sayangnya, ratfish itu kemudian mati karena perubahan tekanan setelah dia terpancing. Jadi, Lundahl membawanya pulang untuk dimakan.

Lundahl mengatakan, meski bentuk ikan itu yang sama sekali tidak menawan, ternyata rasanya enak. "Seperti ikan cod. Tapi jauh lebih enak," pungkasnya.

Baca juga: Senin, LIPI Kirim Tim Teliti Penyebab Ribuan Ikan Terdampar Mati di Ambon

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com