Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xanana Gusmao Ziarah ke Makam "Kakak Tertua" BJ Habibie

Kompas.com - 16/09/2019, 05:45 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bapak pendiri sekaligus presiden pertama Timor Leste, Kay Rala Xanana Gusmao, berziarah ke makam presiden ketiga Indonesia, BJ Habibie.

Bersama sejumlah mahasiwa Timor Leste, Xanana mengunjungi makam Habibie di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, untuk memberikan penghormatan terakhir.

"Para mahasiwa ini datang ke makam BJ Habibie untuk memberi penghormatan terakhir. Mereka merasakan kemerdekaan berkat kontribusi Habibie," terang Xanana Gusmao.

Baca juga: Kembangkan PT DI, BJ Habibie Hasilkan Banyak Insinyur Spesialis

Memerintah pada periode 1998-1999, Habibie dikenal tak hanya karena melakukan pemulihan ekonomi serta transisi demokrasi yang dianggap mulus.

Namun dia juga membebaskan sejumlah tahanan politik. Termasuk saat itu Xanana yang dipenjara selama tujuh tahun, dan menyetujui referendum di Timor Leste (dulu Timor Timur).

Dilansir Antara Minggu (15/9/2019), Xanana datang didampingi oleh Duta Besar Timor Leste untuk Indonesia, Alberto XP Carlos, dan sekretaris pribadi Habibie, Rubijanto.

Xanana mengatakan, mahasiwa Timor Leste yang tengah belajar di Indonesia harus mengunjungi makam Habibie karena dia lah yang membantu pendirian negara itu.

Ketika BJ Habibie meninggal pada Rabu petang (11/9/2019), Xanana menyatakan mendiang presiden berusia 83 tahun itu sebagai sosok "kakak tertua".

""Rakyat Timor Leste akan mengenang engkau selamanya," terang mantan presiden berusia 73 tahun itu sebagaimana diberitakan The Guardian.

Sebuah video yang menyebar di media sosial memperlihatkan bagaimana Xanana Gusmao mencium kening Habibie yang saat itu terbaring sakit.

Habibie kemudian mengulurkan tangannya dan memegang kepala Xanana, yang kemudian mendaratkan kepalanya di dada mantan presiden yang dijuluki Mr Crack itu.

Setelah sampai di makam Habibie, Xanana mengheningkan cipta selama beberapa menit, sebelum kemudian menaburkan bunga. Dia melakukan hal sama di makam istri Habibie, Ainun Habibie, yang tepat di sebelahnya.

Beberapa menit kemudian, putra tertua Habibie, Ilham Akbar Habibie, datang. Xanana kembali menabur bunga di makam Habibie. Kali ini, dia memegang tangan Ilham.

Baca juga: Hoaks Fakta Sepekan, BJ Habibie Meninggal hingga Donor Kornea Matanya untuk Sang Putra

Sehari sebelumnya (14/9/2019), dia mengunjungi kediaman Habibie di Patra Kuningan sembari memberikan dua pucuk surat dan menyampaikan belasungkawa.

"Saya datang ke sini sebagai perwakilan pemerintah dan rakyat Timor Leste untuk memberi pesan kepada keluarga Habibie menyampaikan belasungkawa," terangnya.

Xanana Gusmao memuji BJ Habibie atas kepiawaiannya di bidang sains dan teknologi. Menyebutnya inspirasi akan konsistensi dalam memegang nilai serta prinsip universal.

Habibie meninggal pada Rabu pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Subroto, di mana dia dirawat oleh dokter terbaik sejak 1 September lalu.

Dia kemudian dimakamkan di TMP Kalibata dalam upacara secara militer pada Kamis siang (12/9/2019), di mana orang-orang berdiri di sepanjang jalan memberi penghormatan terakhir.

Baca juga: BJ Habibie Sering Minta Maaf kepada Ajudannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com