Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akibat Kabut Asap, Kualitas Udara Singapura Sentuh Level Tak Sehat

Kompas.com - 14/09/2019, 19:21 WIB
Ericssen,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

SINGAPURA, KOMPAS.com – Warga Singapura dilaporkan mengalami sesak napas setelah terkena kabut asap. Sebuah pemandangan yang pertama kali terjadi dalam tiga tahun terakhir.

Data Indeks Standar Polutan (PSI) dari Dinas Lingkungan Nasional (NEA) di bagian barat Singapura yang mayoritas permukiman menembus angka 106 Sabtu sore (14/9/2019) waktu setempat.

Padahal, kategori udara sehat yang bisa dihirup oleh manusia hanya bisa mempunyai PSI maksimal paling tidak 100.

Baca juga: Kabut Asap Pekat di Riau, Ini Bahaya Jangka Pendek dan Panjangnya

Secara keseluruhan, angka PSI untuk 24 jam ke depan di Negeri "Singa" diperkirakan berada di rentang 87 hingga 109.

Dalam pantauan Kompas.com, kabut asap terlihat sangat pekat pada Sabtu ini. Bangunan perkantoran dan perumahan terlibat kabur dari jauh ketika dilihat dengan mata telanjang.

Semakin sore, kondisi udara dilaporkan semakin buruk dan semakin sulit bagi warga untuk bernapas dengan bebas. Sebab, bau asap langsung menusuk ke hidung.

Tidak sedikit warga yang terlihat mulai memakai masker. Bahkan, pasokan masker di sebuah toko farmasi di Tiong Bahru, kawasan tengah Singapura, sudah habis diborong pada siang.

Masih Beraktivitas Seperti Biasa

Meski terkendala dengan asap, masih ada warga yang terlihat menjalankan aktivitasnya, atau menikmati akhir pekan seperti biasa.

“Untuk saat ini saya tidak terlalu cemas. Saya tetap keluar rumah dan akan memakai masker jika memang diperlukan.” tutur Eunice Lee, seorang profesional Singapura ketika diwawancarai Kompas.com.

Pendapat yang sama juga disampaikan oleh Akshay, seorang warga Mumbai, India, yang kebetulan tengah dalam kunjungan bisnis.

“Saya sudah di Singapura selama tiga hari dan akan kembali ke India malam ini. Rencananya saya akan tetap berkeliling ke daerah wisata.” ucapnya ketika ditemui di daerah Marina Bay.

Akshay tidak menutupi kekagetannya akan kabut asap ini. Dia bahkan mengatakan kabut asap ini jauh lebih parah dibandingkan polusi udara di New Delhi, ibu kota India.

Dia mengatakan, melihat kabut asap seperti itu merupakan pengalaman baru. "Singapura terkenal akan reputasinya yang bersih, Ini menunjukan krisis lingkungan bisa terjadi di mana saja,” katanya.

Baca juga: Kabut Asap Makin Parah, 23 Penerbangan di Ibu Kota Baru Dibatalkan

Ketua Umum Forum Komunikasi Masyarakat Indonesia di Singapura (FKMIS) Stephanus Titus Widjaja menyayangkan kembalinya kabut asap ini.

“Aktivitas warga jelas terganggu terutama yang berkaitan dengan kegiatan outdoor,” ujar Stephanus dalam keterangan tertulis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com