Kompas.com - 13/09/2019, 20:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Duta Besar Timor Leste untuk Indonesia Alberto XP Carlos, mendiang presiden ketiga BJ Habibie memberikan kesan mendalam baginya.

Dalam wawancara dengan Antara dilansir Jumat (13/9/2019), Alberto mengaku terharu saat diterima dengan baik dan diperlakukan laksana anak oleh Habibie.

Baca juga: Cerita di Balik Video Kecupan Xanana ke Habibie yang Viral

Alberto mengisahkan kenangannya itu dengan awalnya dia diutus Presiden Taur Matan Ruak (kini perdana menteri) untuk menyampaikan undangan.

Saat itu, BJ Habibie digadang-gadang bakal mendapat tanda kehormatan paling tinggi di Timor Leste yang bernama Grande Collar pada 2016.

Dubes Alberto mengungkapkan, saat itu dia dan Habibie duduk sangat dekat. Selama pertemuan itu, dia merasa beruntung mendapat wejangannya.

"Saya merasa sangat berharga waktu itu karena diperlakukan sebagai seorang anak sampai kami makan bersama, Pak Habibie mengambil kue untuk ditaruh di piring saya," katanya.

Alberto tak menyangka dia bakal disambut baik dan hangat saat berkunjung ke rumah mantan presiden yang berkuasa di Indonesia antara 1998-1999 itu.

Sebab saat itu, tujuan awalnya adalah menyampaikan undangan kesediaan Habibie menerima penghargaan bagi pemimpin atau mantan pemimpin yang dianggap berjasa bagi Timor Leste itu.

"Saya tidak membayangkan kalau pada saat saya sampai ke rumah Pak BJ Habibie, saya diterima dengan perlakuan luar biasa oleh beliau," kisahnya.

Dia menuturkan sebelum pulang, Habibie memberikannya banyak buku dan satu keping DVD Habibie dan Ainun yang mengaku sudah ditontonnya di Timor Leste.

"Sebelum saya pulang, Pak Habibie bilang 'kalau ada waktu, kita nonton bersama yuk'. Saya bawa DVD itu ke Timor Leste dan saya kasih untuk ditonton bersama sekeluarga," ujar Alberto.

Kini, BJ Habibie telah wafat dalam usia 83 tahun pada Rabu (11/9/2019) setelah mendapat perawatan intensif di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Alberto mengatakan dia dan seluruh rakyat Timor Leste akan selalu mengenangnya. "Hubungan baik dengan Indonesia akan kami jaga," tandasnya.

Baca juga: BJ Habibie dan Celotehan Titik Merah Kecil yang Malah Bikin Singapura Bangga

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.