Paus Fransiskus Bakal Berkunjung ke Thailand dan Jepang, Kunjungan Pertama sejak 30 Tahun Silam

Kompas.com - 13/09/2019, 18:48 WIB

VATICAN CITY, KOMPAS.com - Paus Fransiskus akan berkunjung ke Jepang dan Thailand pada November dan menjadi kunjungan pertama sejak 30 tahun silam.

Pendahulu Paus Fransiskus, mendiang Paus Yohanes Paulus II, pergi ke Jepang pada 1981, dan kemudian bertolak ke Thailand ketika mendiang Raja Bhumibol Adulyadej bertakhta.

Dalam keterangan Vatikan dikutip AFP Jumat (13/9/2019), Paus Fransiskus bakal berkunjung ke Thailand pada 20-23 November dan kemudian Jepang pada 26 November.

Baca juga: Berkunjung ke Madagaskar, Paus Fransiskus Bakal Naik Mobil Buatan Lokal

Selama di Jepang, agenda Paus kelahiran Argentina itu antara lain mengunjungi Nagasaki dan Hiroshima, dua kota yang terkena bom atom pada 1945.

Sementara di Bangkok, Paus Fransiskus bakal memimpin upacara keagamaan dan melakukan kunjungan pastoral ke berbagai komunitas Katolik setempat.

Monsignor Vissanu Thanya-anan dari Konferensi Waligereja Thailand menerangkan, pemimpin Gereja Katolik Roma itu akan menghelat dua misa.

Kunjungan kepausan selama empat hari itu sebagai bagian dari peringatan 350 tahun berdirinya "Misi Siam" yang digagas Paus Clement IX pada 1669.

Hari ini dilaporkan terdapat sekitar 380.000 komunitas Kristen yang menjadi satu persen dalam keseluruhan populasi di Negeri "Gajah Putih" itu.

Sementara etnis seperti Montagnards yang melarikan diri dari persekusi agama di negara tetangga Vietnam juga mendiami Thailand demi mencari suaka.

Suster Ana Rosa Sivori, sepupu Paus Fransiskus yang mengelola sekolah putri Katolik di timur laut Thailand mengatakan, kunjungan saudaranya ke Thailand demi memantapkan hubungan lintas agama.

Halaman:
Sumber AFP


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.