Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hilang sejak 1997, Kerangka Pria Ini Ditemukan Berkat Google Maps

Kompas.com - 13/09/2019, 10:34 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber BBC

MIAMI, KOMPAS.com - Google Maps tak hanya membantu ketika kita kesulitan menemukan jalan atau tersesat. Tapi juga menemukan kerangka pria yang hilang 21 tahun silam.

William Moldt yang berasal dari Lantana, Florida, dilaporkan menghilang setelah pulang dari klab malam pada 7 November 1997, ketika dia berusia 40 tahun.

Diberitakan BBC Kamis (12/9/2019), dia kemudian dinyatakan sebagai orang hilang dengan polisi melakukan penyelidikan. Namun seiring waktu, kasusnya mengendap.

Baca juga: Gadis Paskibra yang Menghilang Ternyata Sering Tak Pulang dan Dekat dengan Komunitas Punk

Hingga, pada 28 Agustus tahun ini, polisi merespons laporan bahwa ada mobil yang ditemukan di sebuah kolam yang terletak di Moon Bay Circle, Wellington.

Ketika mobil itu ditarik dari dasar kolam, ternyata ada kerangka di dalamnya. Satu pekan kemudian, tim medis memastikan kerangka itu adalah Moldt.

Polisi mengungkapkan mobil berisi Moldt di dalamnya ditemukan oleh warga sekitar yang saat itu, tengah melakukan pencarian menggunakan Google Maps.

Inilah gambar Google Maps yang memperlihatkan mobil tenggelam di sebuah kolam di Florida, AS. Mobil itu milik William Moldt, pria yang dilaporkan menghilang sejak 7 November 1997.Google Maps via BBC Inilah gambar Google Maps yang memperlihatkan mobil tenggelam di sebuah kolam di Florida, AS. Mobil itu milik William Moldt, pria yang dilaporkan menghilang sejak 7 November 1997.

Warga itu kemudian memberi tahu tetangganya apa yang dia lihat. Menggunakan drone, mereka melihat ada mobil yang tenggelam di kolam dan segera menghubungi polisi.

Laporan dari Charley Project, pusat data bagi kasus yang mengendap di AS menyatakan, kendaraan itu sejatinya sudah terlihat di satelit Google Earth sejak 2007.

Namun ternyata, polisi tidak memikiran pencarian menggunakan Google Maps hingga salah satu warga yang tak sengaja menemukannya 12 tahun berselang.

Kantor Sheriff Palm Beach County menuturkan, mereka menduga Moldt tidak bisa mengemudikan mobilnya dengan benar dan kemudian bablas menerjang kolam.

Otoritas menjelaskan, investigasi awal menunjukkan mereka tidak punya petunjuk ke mana mobil itu hingga 21 tahun berselang, surutnya air membuatnya terlihat.

Juru bicara penegak hukum Therese Barbera mengatakan tentunya mereka tidak bisa menentukan apa yang terjadi beberapa tahun silam hingga sebuah ketidaksengajaan menemukan Moldt.

Baca juga: 15 ABK KM Mina Sejati Menghilang Secara Misterius, Begini Tanggapan TNI AL

"Yang kami tahu adalah dia seperti ditelan Bumi. Kemudian yang terjadi adalah dia ditemukan," terangnya. Barbera menerangkan, warga kaget dengan temuannya di Google Maps.

Di malam ketika dia menghilang, Moldt meninggalkan klab malam pukul 23.00 waktu setempat. Dia disebut sebagai pribadi yang jarang bersosialisasi.

Sebeelum kejadian, dia diketahui minum beberapa gelas di bar. "Dia nampaknya tidak mabuk dan bukan peminum yang buruk," ulas laporan Sistem Orang Hilang dan Tak Teridentifikasi AS.

Moldt diketahui menelepon pacarnya sekitar pukul 21.30, memberitahunya bahwa dia bakal segera pulang. Namun dia tidak kembali hingga 21 tahun kemudian.

Dilaporkan polisi sudah memberi tahu keluarga Moldt tentang penemuan kerangka itu.

Baca juga: 5 Fakta Penemuan Kerangka Manusia di Banyumas, Korban Diduga Satu Keluarga, Menghilang Bertahun-tahun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com