Kompas.com - 12/09/2019, 13:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Para duta besar hingga pemimpin negara di dunia memberikan penghormatan terakhir dan belasungkawa setelah presiden ketiga RI BJ Habibie meninggal Rabu petang (11/9/2019).

Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva mengungkapkan perasaan dukacita atas kepergian presiden yang berkuasa pada 1998 sampai 1999 itu.

"Saya ingin menyampaikan rasa duka cita yang mendalam kepada keluarga Bapak Habibie, dan juga rakyat Indonesia atas kepergian beliau," ucap Lyudmila dilansir Antara.

Baca juga: BJ Habibie Meninggal, Mahathir Mohamad Sedih Kehilangan Teman Lamanya

Vorobieva mengatakan bahwa BJ Habibie merupakan tokoh Indonesia yang sangat dikenal di Rusia. "Kami mengenal beliau sebagai kawan masyarakat di negara kami," ujarnya.

Adapun secara pribadi, Lyudmila menuturkan dia hanya bertemu sekali dengan mantan presiden yang meninggal di usia 83 tahun itu. Tapi, dia mempunyai kesan mendalam.

"Beliau adalah seorang yang sangat bijaksana dan toleran, serta menunjukkan dirinya adalah orang yang hebat dalam segala aspek," terang Dubes Vorobieva.

Dari Australia, Perdana Menteri Scott Morrison juga memberikan penghormatan terakhir kepada mantan presiden BJ Habibie dalam kicauannya di Twitter.

Dalam pernyataanya, Morrison menuturkan Habibie merupakan pemimpin yang membawa Indonesia melewati perubahan besar ketika krisis ekonomi menghantam pada 1997.

"Keberanian dan visi beliau selama periode reformasi sangat diapresiasi Australia. Doa kami beserta keluarga dan kerabat yang ditinggalkan," katanya.

Sebelumnya, Duta Besar Australia untuk RI Gary Quinland juga menuliskan ucapan dukacita, dan menyebut Habibie dikenang karena keberaniannya dalam transisi demokrasi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.