Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Survei Kandidat Capres Demokrat Mengerucut ke Tiga Nama, Siapa Saja?

Kompas.com - 09/09/2019, 21:52 WIB
Ericssen,
Agni Vidya Perdana

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com – Persaingan memperebutkan tiket calon presiden (capres) dari Partai Demokrat untuk menantang Presiden Amerika Serikat Donald Trump dalam pemilihan presiden AS 2020 mulai mengerucut.

Walau sampai saat ini masih ada 20 kandidat yang bertarung, namun hasil survei terbaru yang dilakukan CBS bersama lembaga riset YouGov, yang dirilis Minggu (8/9/2019), menunjukkan tiga nama teratas.

Ketiga nama itu mampu meraup dukungan hingga dua digit di empat negara bagian awal yang akan melakukan kaukus dan pemilihan pendahuluan.

Mantan Wakil Presiden Joe Biden diketahui unggul di negara bagian Iowa dengan 29 persen. Sementara Senator Vermont Bernie Sanders mengikuti dengan 26 persen.

Baca juga: Kerap Blunder, Joe Biden Terjungkal dari Posisi Pertama Capres Partai Demokrat

Sedangkan di peringkat ketika, Senator Massachusetts Elizabeth Warren mengumpulkan 17 persen dukungan.

Tiga besar nama kandidat ini tidak berubah dalam survei di negara bagian lain, meski terjadi beda urutan peringkat.

Di negara bagian New Hampshire, Warren memimpin dengan 27 persen, disusul Biden 26 persen, dan Sanders dengan 25 persen.

Sementara di Nevada, Sanders memimpin dengan 29 persen, diikuti Biden yang meraih 27 persen dan Warren dengan 18 persen.

Dukungan signifikan diraih Biden di negara bagian South Carolina, di mana dia unggul telak dengan dukungan 43 persen. Sementara Sanders meraih 18 persen dan Warren 14 persen dukungan.

Baca juga: Sambil Tersenyum, Trump Minta Putin Jangan Campuri Pilpres AS

Pesaing terdekat ketiga nama itu adalah Senator California Kamala Harris, Wali Kota South Bend Pete Buttigieg, dan mantan anggota DPR negara bagian Texas Beto O’Rourke.

Meski demikian, tidak ada satupun dari nama-nama itu yang mampu meraih dukungan di atas 10 persen di empat negara bagian krusial itu.

Pemilihan pertama di Iowa baru akan dilangsungkan pada 1 Februari 2020. Namun peta dukungan mulai mengarah ke tiga kandidat tersebut, yang salah satunya diprediksi akan memenangkan tiket capres Demokrat.

Secara keseluruhan dukungan terhadap Warren menunjukan tren peningkatan yang pesat dibanding survei terakhir di bulan Mei. Sementara angka survei Biden dan Sanders tidak berubah banyak.

Biden Masih Favorit, Kenapa?

Persaingan ketat di Iowa dan New Hampshire menunjukkan kuatnya mesin politik Sanders dan Warren yang cenderung mengandalkan relawan akar rumput untuk menggalang suara.

Sementara Biden, walau memiliki tingkat pengenalan tinggi di kedua negara bagian yang didominasi pemilih berkulit putih itu, angka dukungan terhadapnya cenderung stagnan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com