Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[KABAR DUNIA SEPEKAN] Kiprah Benny Wenda di Dunia Internasional | 181 WNI Diamankan di Arab Saudi Saat Haji

Kompas.com - 07/09/2019, 06:46 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Tokoh separatis Papua, Benny Wenda, menjadi sorotan pada awal pekan ini setelah disebut sebagai dalang kerusuhan yang terjadi di Papua dan Papua Barat.

Pria yang kini diketahui mendapatkan suaka politik di Inggris itu disebut melakukan diplomasi politik hingga menyebarkan informasi yang dianggap sesat.

Kemudian dari Arab Saudi, sebanyak 181 Warga Negara Indonesia (WNI) dilaporkan ditangkap otoritas setempat karena tidak membawa dokumen resmi saat melakukan haji.

Dua artikel itu masuk ke dalam kabar populer internasional yang terjadi dari seluruh dunia sepanjang Selasa (3/9/2019) hingga Sabtu (7/9/2019).

1. Kiprah Benny Wenda di Dunia Internasional
Pemerintah Indonesia telah menyebut nama Benny Wenda sebagai dalang di balik kerusuhan yang terjadi di Papua dan Papua Barat beberapa waktu lalu.

Benny yang merupakan tokoh separatis Papua itu disebut merupakan pemimpin Pergerakan Pembebasan Gabungan Papua Bara (ULMWP) dan kini tinggal di Inggris.

Bagaimana sebenarnya kiprah Benny di dunia internasional? Simak informasi lengkapnya di sini.

2. Pemimpin Hong Kong Carrie Lam: Jika Saya Punya Pilihan, Saya Akan Mundur
Pernyataan mengejutkan datang dari Pemimpin Hong Kong, Carrie Lam, saat menghadiri sebuah acara pertemuan tertutup dengan sekelompok pengusaha.

Lam yang menjadi pusat kemarahan publik Hong Kong dalam tiga bulan terakhir mengaku dia menyadari sudah menciptakan "malapetaka tak termaafkan" di kotanya.

Bahkan, dalam rekaman yang kemudian diduga bocor, Lam mengatakan dia bakal memilih mundur seandainya diperkenankan, dan kemudian menyampaikan permintaan maaf.

Bagaimana pernyataan lengkap Lam yang dianggap menghebohkan itu? Anda bisa membacanya di sini.

3. Hong Kong Putuskan Cabut RUU Ekstradisi
Setelah lebih dari 13 pekan diwarnai aksi unjuk rasa yang kian hari semakin sering berakhir dengan bentrokan dan kekerasan, pemerintah Hong Kong akhirnya memutuskan untuk mencabut RUU Ekstradisi yang kontroversial.

Kepastian mengenai pencabutan RUU tersebut disampaikan langsung oleh Pemimpin Eksekutif Hong Kong Carrie Lam, di hadapan sejumlah anggota parlemen pro-Beijing dan disiarkan secara langsung.

Bagaimana informasi selengkapnya? Simak beritanya di sini.

4. Terjaring Razia, 181 WNI Diamankan Aparat Arab Saudi
Sebanyak 181 jemaah haji WNI ditempatkan di rumah detensi di Mekkah, Arab Saudi setelah kedapatan menjalankan ibadah haji tanpa visa haji.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com